Blog

Yuk Ketahui 5 Tips Menulis Artikel!

Setelah menentukan kata kunci, bagaimana persiapan tips menulis artikel yang baik dan benar? Apa saja poin-poin yang harus diperhatikan bila sedang menulis artikel? Yuk baca langkah-langkahnya di bawah!

ilustrasi-tips-menulis-artikel
ilustrasi-tips-menulis-artikel, cr unsplash.com

Langkah-langkah Cara Menulis Artikel

Tentukan Tema

Salah satu tips menulis artikel sebelum memulai, hendaknya kita tahu apa tema yang akan kita bahas. Misalnya, kita akan membahas mengenai berita terkini. Berarti tema yang akan kita bahas adalah berita. Bila ingin menulis di website sendiri, akan lebih baik jika seluruh artikel memiliki tema yang sama.

Ini akan menjadi semacam personal branding bagi website kita karena menyajikan konten yang berisikan satu tema. Misalnya tema artikel-artikel di dalam website kita adalah panduan siswa SMA mengenai kelanjutan sekolah mereka. Kita bisa menulis artikel sekolah-sekolah terakreditasi A yang ada di kota tertentu, panduan agar tidak salah memilih sekolah, dan lain sebagainya.

Tema adalah inti dari sebuah artikel, sehingga menentukan tema adalah hal pertama yang harus dilakukan dalam pembuatan artikel.

Tentukan Kata Kunci Dalam Artikel

Setelah menentukan tema, tips menulis artikel selanjutnya adalah menentukan kata kunci. Panduannya bisa klik di sini, selain tema hal yang paling penting dalam sebuah artikel adalah kata kunci. Terutama jika ingin mengunggahnya sebagai konten di blog. Kata kunci atau focus keyword, adalah sub tema dari tema yang sudah kita buat.

Contoh mudahnya dari tema panduan siswa-siswi SMA mengenai kelanjutan sekolah seperti contoh tema yang tertulis di atas. Kata kunci yang bisa digunakan di antaranya adalah:

  • Tips memilih sekolah
  • Panduan SBMPTN
  • Sekolah favorit di kota (isi sendiri)

Dan lain-lain. Kata kunci harus diulang-ulang sebagai penegasan bahwa artikel kita membahas tentang hal tersebut. Kata kunci adalah inti dari penulisan artikel.

Lakukan Riset

Tips menulis artikel selanjutnya adalah riset. Riset adalah hal yang membuat artikel terasa lebih relevan. Riset harus dilakukan agar data-data dan opini, serta fakta-fakta yang ditulis di dalam artikel bisa dipercaya orang-orang. Riset bukan berarti plagiasi. Riset adalah meneliti sebuah materi yang akan disampaikan di dalam artikel.

Misalnya dalam artikel bertema panduan siswa-siswi SMA dalam melanjutkan sekolah dengan kata kunci sekolah favorit di Kota X, riset yang perlu dilakukan mencakup sekolah-sekolah favorit yang ada di Kota X. Kita tidak boleh asal memasukkan informasi sekolah ke dalam artikel, karena ini akan menjadi sumber rujukan bagi orang-orang lain yang membaca artikel kita.

Riset dan plagiasi adalah dua hal yang berbeda. Hati-hati dalam melakukan riset, karena kita tidak boleh asal menjiplak semua kata-kata yang kita dapat dari sumber tertentu. Teknik yang biasa digunakan penulis dalam menulis berdasarkan riset adalah parafrase.

Artinya membuat sebuah kalimat menjadi susunan kata yang lain, mengubah satu kalimat menjadi kalimat baru, namun memiliki arti yang sama. Parafrase dilakukan untuk menghindari plagiasi. Sementara tindakan plagiasi adalah tindakan paling memalukan dalam dunia kreasi, dan dapat menyebabkan seseorang terkena tindak pidana.

Hukuman plagiasi belum diberlakukan dengan keras di Indonesia, tetapi bukan berarti kita bebas melakukan plagiasi. Oleh karena itu, kita harus menghindari plagiasi dan memulainya sejak dini.

Periksa Ulang Artikel

Setelah segalanya selesai ditulis, tips menulis artikel selanjutnya adalah periksa kembali artikel sebelum dipublikasikan. Jika memungkinkan, hindari kesalahan sampai yang paling kecil. Ini bisa membuat nilai artikel dan website kita menjadi bagus di kalangan netizen.

Untuk menghindari plagiasi, kita bisa mengecek seluruh kata dalam artikel kita di website pengecek plagiasi. Website tersebut bisa dicari di Google dengan keyword: plagiarism checker.

Setelah semuanya siap, silahkan mempublikasikan artikel yang sudah ditulis.

Ketahui Tanda Baca

Salah satu hal yang paling penting dalam menulis artikel adalah tanda baca. Maka dari itu, tips menulsi artikel yang selanjutnya adalah mengenai tanda baca. Mematuhi kaidah kepenulisan Bahasa Indonesia yang benar adalah hal yang cukup penting dalam estetika artikel.

Sebuah artikel akan terlihat lebih rapi jika penulisan tanda bacanya tepat. Dalam tata cara menulis artikel, tanda baca harus sesuai dalam PUEBI, atau Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Kamu juga bisa mencari tata cara penulisan tanda baca yang benar di internet.

Demikian tips menulis artikel yang bisa dibagikan. Mau tahu lebih lanjut tentang penulisan artikel dan SEO sekalian? Jangan penasara, yuk daftar di Argia Academy. Klik di bawah untuk info selengkapnya.

Leave a Comment!

Kontak Kami

Argia Academy

Kampus 1
Jl M Hatta No 11, Kepanjenkidul, Kota Blitar, Jawa Timur 66113
Kampus 2
Bengawan Solo Regency Kav 3-4, Jl. Bengawan Solo, Kota Blitar 66122
Telp:
- Head Office : (0342) 809 917
- Telp : 082 142 334 334
Email
Info@argiaacademy.sch.id

Butuh Bantuan?

We are here to help you! Do not hesitate to ask us anything. Click below to start chat.

Customer Support

CS Argia Academy

Online

CS Argia Academy

Hi, What can i do for you? 00.00