Blog

10 Prospek Kerja Digital Marketing dengan Gaji Menggiurkan

Prospek Kerja Digital Marketing
Digital Marketing

Apa itu Digital Marketing? Digital Marketing adalah suatu aktivitas promosi, baik untuk mempromosikan sebuah brand, produk, ataupun jasa yang menggunakan media digital.

Keuntungan utama dari digital marketing adalah dapat menarget pasar yang jauh lebih luas daripada menggunakan cara tradisional seperti mulut ke mulut, membuat brosur lalu menyebarkannya, membuat baliho, dan lain-lain.

Keuntungan lainnya adalah marketing dengan cara digital menggunakan biaya yang jauh terjangkau dan menggunakan cara cara yang jauh lebih efisien dan lebih simple.

Prospek kerja digital marketing saat ini terbilang sangat banyak. Mengingat banyaknya orang yang menggunakan internet dalam kehidupan sehari-harinya, hal ini membuka peluang bagi para pengusaha untuk melakukan digital marketing. Bayangkan  pengguna internet Indonesia mencapai 212,35 juta jiwa pada Maret 2021menurut data dari kominfo.

Terkadang beberapa orang takut untuk menjadi seorang digital marketer karena mereka pikir akan ada banyak pesaingnya, hal itu kurang tepat karena digital marketing memiliki banyak fokus seperti SEO, SEM, content creator, sosial media marketing, dan masih banyak lainnya. Sebenarnya untuk menjadi soarang expert hanya cukup tau dasarnya saja dan tidak harus menguasai semua skill digital marketing.

Argia Academy tempat belajar Digital Marketing

Berikut ini beberapa prospek kerja digital marketing yang gajinya menggiurkan.

1. Copywriter

Prospek kerja digital marketing yang pertama yaitu Copywriter. Seringkali copywriter akan diminta untuk membuat tulisan untuk sebuah iklan di billboard, TV, website, media sosial, atau membuat email marketing. Copywriter membuat tulisan dengan maksud mengundang orang lain untuk berinteraksi dengan suatu produk. Untuk menjadi seorang copywriter, kemampuan yang perlu Anda miliki adalah mengubah kata menjadi frasa ajakan bertindak. Kata-kata yang harus ditulis oleh seorang copywriter harus persuasif dan seorang copywriter harus tahu bagaimana menulis untuk target pasarnya.

2. SEO/ SEM Specialist

Prospek kerja digital marketing selanjutnya adalah SEO. Pakar SEO / SEM bertujuan untuk memaksimalkan jumlah traffic ke situs web, membangun website agar berada di urutan teratas hasil pencarian sehingga situs web mudah ditemukan. Seorang profesional SEO / SEM harus memahami algoritma mesin pencari. SEO adalah bagian dari SEM. SEO adalah tentang memaksimalkan lalu lintas situs web, sedangkan SEM adalah tentang memasarkan situs web melalui iklan atau hasil pencarian organik.

3. Web Developer

Website menjadi salah satu kebutuhan bagi seorang pengusaha di Digital Marketing. Membangun situs web berarti membuka peluang 24 jam untuk menarik banyak pelanggan. Oleh karena itu, dibutuhkan web developer di bidang ini. Untuk menjadi seorang web developer, ada beberapa bahasa pemrograman yang perlu kalian kuasai seperti JavaScript, HTML, CSS, JQuery dan lain-lain.

4. Content Writer

Content Writer fokus pada pembuatan konten dalam bentuk tulisan untuk tujuan pendidikan atau hiburan. Seorang Content Writer harus mempunyai kreatifitas karena bergerak di bidang kreatif . Seorang penulis konten dapat menulis di berbagai platform seperti blog dan situs web. Kadang-kadang mereka membuat script untuk video

5. Content Strategist / Social Media Strategist

Di bidang digital marketing juga ada seorang content strategist atau ada yang menyebutnya sebagai social media strategist, bertanggung jawab untuk menentukan strategi yang tepat untuk konten yang dibagikan, merencanakan sebuah campaign untuk mencapai (Key Performance Indicator) KPI, merancang strategi promosi melalui berbagai media sosial. Seorang content strategist harus mampu menganalisis traffic media sosial menggunakan kemampuan SEO (Search Engine Optimization).

6. Social Media Specialist

Sosial media specialist adalah posisi yang berfokus pada pembuatan konten digital yang kreatif dan menarik untuk sejumlah platform media sosial perusahaan. Social media specialist tidak hanya membuat konten dalam 1 jenis media sosial saja, Mereka harus mengerti cara untuk menyesuaikan konten yang sama namun diaplikasikan ke tiap jenis sosial media. Mereka melakukan ini dengan tujuan untuk meningkatkan brand awareness, memperkuat usaha di bidang digital marketing, dan juga mendorong angka penjualan.

7. Desain Grafis

Jika Anda memiliki keterampilan desain, Anda bisa menjadi seorang desainer grafis. Desain juga merupakan bagian dari pemasaran karena desain yang baik pasti akan menarik perhatian target pasar. Untuk menjadi seorang desainer grafis, Anda harus bisa menggunakan berbagai software editing seperti Adobe Photoshop, Adobe Ilustrasi, Canva, Figma dan lain-lain.

8. UI/UX Designer

Sebelum kalian membangun sebuah website/ mobile, tentunya kalian membutuhkan bantuan seorang desainer UI/UX. Designer UI/UX yang nantinya akan merancang bagaimana konsep sebuah website. Designer UX bertanggung jawab untuk membuat pengguna senang atau puas ketika mereka mengunjungi situs web/mobile. Meskipun UI designer pengguna bertanggung jawab untuk merancang UI yang baik seperti yang diarahkan oleh pendesain UX

9. CRM Staff

CRM (Customer Relationship Manager) bertanggung jawab untuk menjaga hubungan antara user dan perusahaan. Sebuah CRM harus mampu berkomunikasi dengan pengguna, menarik pengguna baru, dan menjaga hubungan dengan pengguna yang sudah ada.

Faktanya, semua pekerjaan ini saling terkait karena fokusnya adalah pemasaran yang dilakukan di bidang digital marketing. Bahkan, di beberapa perusahaan, beberapa tugas digabungkan menjadi satu pekerjaan. Jadi jangan bingung. kalian cuma hanya fokus pada pekerjaan yang tepat untuk kalian.

10. PPC Specialist

Prospek kerja digital marketing yang terakhir adalah PPC Specialist. Merencanakan strategi periklanan adalah tanggung jawab seorang PPC specialist . PPC specialist biasanya akan menggunakan Iklan Facebook, Iklan Google, Iklan Youtube, dan Iklan Instagram. PPC specialist perlu mengetahui kata kunci atau keywords yang tepat untuk menargetkan pasar, dan tentu saja harus mengikuti tren yang ada.

Sebenarnya semua pekerjaan tersebut saling berkaitan karena fokus pemasaran dilakukan secara digital. Bahkan, di beberapa perusahaan, beberapa tugas digabungkan menjadi satu pekerjaan. Jadi jangan bingung. Kalian hanya fokus pada pekerjaan yang tepat sesuai dengan kemampuan

Itulah prospek kerja digital marketing yang bisa kalian coba. Gimana nih udah tertarik belum buat belajar dan bekerja di bidang digital marketing?

Nih aku ada rekomendasi buat kalian yang pengen kursus digital marketing!

Di Argia Academy kalian bisa belajar tentang digital marketing menyeluruh dan mulai dari nol

Tunggu apalagi, yuk buruan join!

Leave a Comment!

Kontak Kami

Argia Academy

Kampus 1
Jl M Hatta No 11, Kepanjenkidul, Kota Blitar, Jawa Timur 66113
Kampus 2
Bengawan Solo Regency Kav 3-4, Jl. Bengawan Solo, Kota Blitar 66122
Telp:
- Head Office : (0342) 809 917
- Telp : 082 142 334 334
Email
Info@argiaacademy.sch.id