Blog

Video Marketing: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuat Video Marketing

Saat ini adalah era digital, dimana semua perusahaan membutuhkan video marketing sebagai salah satu strategi pemasarannya. Video marketing memang bukanlah hal yang baru, tetapi bagaimana media ini bisa menjadi sorotan paling besar oleh para audiens dalam setiap channel dan platformnya.

Jika Anda perhatikan akhir-akhir ini, banyak perusahaan yang mengunggah konten video melalui media sosial. Hal ini karena adanya trend dalam beberapa waktu silam, berupa video yang mudah viral.

Selain itu juga, apabila Anda sering membuka laman Google, banyak konten video yang muncul di peringkat pertama. Sehingga membuat seseorang cenderung untuk mengekliknya. Tidak heran lagi jika banyak perusahaan yang menggunakan video marketing sebagai salah satu strategi pemasaran.

Nah, setelah memahami beberapa pentingnya video marketing, mari kita mulai mengenali pengertian dari video marketing, jenis, dan cara membuatnya. Simak dibawah ini!

Apa Itu Video Marketing?

video marketing
video marketing | Sumber: pixel.com

Seperti yang kita bahas di atas, bahwa video marketing merupakan salah satu strategi pemasaran didalam marketing online yang disajikan dalam bentuk video. Di era digital ini, konten video menjadi salah satu strategi pemasaran terbaik untuk memasarkan bisnis Anda atau merek Anda. Mengapa demikian?

Karena jika Anda sudah mengkonsep video marketing dan hasilnya menarik, maka video tersebut mampu menampilkan gambar dan audio sehingga dengan mudah diserap oleh penonton dan menjadikan penonton menjadi pelanggan kita.

Dibandingkan dengan konten-konten yang lain, video marketing ini memiliki beberapa keunggulan yang mendukung strategi pemasaran tersebut menjadi yang paling populer di era digital ini.

Berikut beberapa keunggulannya:

1. Memiliki Daya Tarik yang Tinggi

Sekarang, bisa dibilang konten video menduduki peringkat pertama dalam hal jenis konten yang ingin dilihat oleh publik. Dengan begitu, konten video menunjukkan bahwa memiliki peluang lebih besar untuk ditemukan. Hal itu membuat peluang untuk mencapai tujuan pemasaran menjadi lebih tinggi.

2. Konten Video Memiliki Efek Ingatan Merek

Manusia lebih mudah mengingat dalam bentuk gambar dibanding dengan tulisan. Manusia juga mudah mengingat dalam bentuk gambar yang bergerak dengan suara atau video. Oleh karena itu, sekarang banyak perusahaan atau pebisnis yang menggunakan konten video dalam mengembangkan bisnisnya.

3. Dapat Memperkuat Citra Merek

Di mata konsumen, konten video cenderung memiliki apresiasi yang lebih tinggi dibanding dengan konten -konten yang lain. Kepercayaan konsumen lebih tinggi ketika memasarkan merek melalui konten video. Pemasaran video merupakan salah satu strategi pemasaran yang dapat meningkatkan citra merek. Tidak heran apabila banyak brand besar yang menggunakan strategi pemasaran ini.

Jenis-Jenis Video Marketing

Sebelum Anda membuat video, ketahui terlebih dahulu jenis-jenis video yang ingin kalian buat. Kemudian tentukan jenis video sesuai konten yang ingin Anda buat. Berikut beberapa jenis-jenis video yang bisa Anda gunakan.

1. Video Demo

video demo
ilustrasi video demo | Sumber: unsplash.com

Jenis video ini menunjukkan bagaimana produk atau jasa Anda bisa bekerja. Selain itu, Anda juga bisa menekankan pada nilai merek atau brand daripada pesaing bisnis Anda.

2. Video Event

video event
ilustrasi video event | Sumber: unsplash.com

Jenis video selanjutnya adalah video event. Video ini bisa kalian isi berupa rekaman perusahaan yang sedang mengadakan seminar, diskusi produk, kegiatan sosial atau jenis acara yang lainnya.

3. Video Petunjuk atau Edukasi

video edukasi
ilustrasi video edukasi | Sumber: unsplash.com

Video yang berupa intruksional/pengetahuan ini bisa Anda gunakan untuk mengajarkan pengetahuan tentang produk Anda atau bisnis yang Anda jalankan kepada pelanggan/para audiens untuk membangun pengetahuan mendasar tentang apa yang mereka butuhkan dan tujuan dari bisnis Anda.

4. Video Branding

video branding
ilustrasi video branding | Sumber: unsplash.com

Jenis video ini bisa Anda gunakan untuk membantu pelanggan/audiens dalam menilai serta memahami kenapa harus menggunakan produk atau jasa Anda. Biasanya video tersebut berisi pesan-pesan dari para ahli dan tentang bagaimana produk Anda bisa mengatasi kesulitan yang dialami oleh masyarakat, bahkan juga berisi pendapat dari pelanggan loyal agar pelanggan baru tertarik untuk bertransaksi.

Cara Membuat Video Marketing

1. Rencanakan Video Anda dengan Metodologi Inbound

Dalam membuat video, Anda harus bisa membuat strategi pemasaran video komprehensif yang didalamnya berisi penjualan dan pemasaran produk Anda. Artinya, kalian harus berfikir dalam hal metodologi inbound.

Metodologi inbound adalah suatu pendekatan pemasaran dan juga penjualan online yang berfokus untuk menarik pelanggan dengan cara membuat konten yang relevan dan memiliki manfaat besar untuk para audiensya.

Jika kita gambarkan secara umum, bahwa konten yang kita buat berisi memandu para audiens berbagai perjalanan, mulai dari kesadaran mereka, mengevaluasi sikap mereka, dan membeli produk atau berlangganan pada layanan Anda.

2. Buatlah Storyboard Video Anda

Setelah itu, mulailah untuk membuat script. Hal ini agar saat Anda membuat video tidak ada kesalahan saat mengucapkan kalimat konten.

Buatlah beberapa poin-poin penting dan urutkan pesan yang ingin Anda sampaikan secara relevan. Selain itu, pesan yang ingin sampaikan harus semenarik mungkin agar audiens lebih tertarik untuk melihat video Anda.

3. Siapkan Studio atau Tempat Rekaman

Siapkan tempat untuk membuat video dan apa saja yang dibutuhkan untuk rekaman Anda, seperti memerlukan lampu, tripod, mikrofon atau peralatan sejenisnya. Tempat yang digunakan memiliki daya tarik visual. Anda juga bisa menggunakan ruangan kerja Anda untuk dijadikan tempat syuting.

Pada intinya, audiens bisa nyaman dan tertarik dengan konten video yang kalian buat tanpa memerlukan anggaran yang banyak.

4. Rekam dan Sunting Video Anda

Tentunya Anda akan merekam dan menyunting hasil rekaman Anda. Anda juga bisa mencari referensi template video gratis di internet tanpa berbayar. Dengan dilengkapi fitur-fitur yang lengkap dan menarik dapat memudahkan Anda untuk membuat konten video.

5. Lakukan SEO Video

Ini merupakan cara yang terakhir. Melakukan optimasi SEO merupakan hal yang terpenting juga dan tidak boleh dilupakan dalam membuat video marketing. Apabila Anda ingin memiliki banyak pelangan loyal, maka lakukan optimasi SEO pada video Anda.

Baca juga: Cara Berbisnis Online Dari Nol Sampai Sukses

Nah, itulah sedikit pengetahuan tentang video marketing. Semoga materi yang disampaikan diatas bisa bermanfaat dan dapat diterapkan dalam dunia digital marketing.

Mengenai digital marketing, bila Anda ingin belajar lebih dalam, saya sarankan untuk mengikuti kursus atau kuliah digital marketing di Argia Academy. Dengan materi yang diberikan lengkap, Anda bisa dengan mudah menguasai digital marketing yang lagi membludak saat ini.

Nh, itu mendapatkan informasi lebih lanjut, Anda bisa klik link dibawah ini.

Leave a Comment!

Kontak Kami

Argia Academy

Kampus 1
Jl M Hatta No 11, Kepanjenkidul, Kota Blitar, Jawa Timur 66113
Kampus 2
Bengawan Solo Regency Kav 3-4, Jl. Bengawan Solo, Kota Blitar 66122
Telp:
- Head Office : (0342) 809 917
- Telp : 082 142 334 334
Email
Info@argiaacademy.sch.id

Butuh Bantuan?

We are here to help you! Do not hesitate to ask us anything. Click below to start chat.

Customer Support

CS Argia Academy

Online

CS Argia Academy

Hi, What can i do for you? 00.00