Blog

Mengetahui apa itu Pengertian CMS dan 4 Macam CMS

Di zaman sekarang Digital Marketing menjadi sebuah ladang uang bagi masyarakat, khusunya para pemuda. Karena terus berkembangnya teknologi menjadikan semua memilih digital sebagai sarana kebutuhan saat ini.

Untuk lebih menyingkat kebutuhan progremer diciptakan sebuah inovasi yaitu CMS ( Content Management System), yang dapat menyingkat pekerjaan contoh saja untuk membuat Web menjadi lebih mudah karena tidak harus belajar lama untuk bahasa pemrograman dan waktu pembuatan lebih singkat.

CMS juga bisa menjadi solusi yang tepat bagi perusahaan yang masih merintis yang ingin membuat web tanpa tambahan budget lebih, dengan begini dapat mengurangi pengeluaran perusahaan.

Pada artikel ini kita akan menjelaskan secara detail termasuk kelebihan CMS dan contoh CMS yang banyak digunakan untuk website di seluruh dunia.

Langsung aja yuk simak penjelasannya.

Pengertian CMS

Pengertian CMS adalah sebuah aplikasi yang dibuat untuk mempermudah membuat sebuah website, platfrom ini dilengkapi dengan alat dan juga fitur yang canggih yang membantu pengguna membuat sebuah website.

Platfrom CMS mempunyai manajemen file yang sangat terstruktur. Setiap elemen ditata dengan rapi antara isi dan tampilan dipisahkan sehingga para pengguna dapat mengedit atau menambah fitur yang mungkin belum tersedia di CMS.

CMS sendiri terdiri dari 2 elemen yaitu

  1. CMA (Content Management Application)
  2. CDA (Content Delivery Application)

CMA digunakan untuk mengelola konten dengan lebih mudah dan tidak memerlukan pengetahuan khusus terhadap bahasa pemrograman. Sedangkan CDA menggunakan dan menghimpun informasi yang sebelumnya telah ditambah, dikurangi atau bahkan diubah oleh pemilik situs web untuk memperbarui situs web tersebut.

Berikut adalah nilai plus dari CMS

  • Efesien
  • Skalabilitas
  • Banyak Template dan Desain
  • Bisa digunakan untuk Kolaborasi

Kelebihan CMS

  1. Mengurangi biaya pengeluaran dan mempercepat pembaruan informasi di dalam website
  2. Dapat memposting konten kapan saja
  3. Tidak perlu instalasi
  4. Mencegah perubahan tampilan web yang tidak konsisten

Kekurangan CMS

  1. Kebebasan desain yang terbatas.
  2. Masalah keamanan
  3. Harus mempelajari fungsi CMS dan cara mengoperasikannya terlebih dahulu

Nah berikutnya ada 4 Content Management System gratis yang banyak digunakan.

Macam-macam CMS

WordPress

WordPress adalah salah satu CMS terpopuler saat ini. Awalnya, WordPress digunakan untuk kegiatan blogging karena sangat fleksibel dan mudah digunakan. Karena itu adalah sistem manajemen konten paling terkenal yang digunakan oleh lebih dari 40% situs web di dunia, termasuk yang terkenal seperti TechCrunch, TED Blog dan BBC America.

Tetapi saat ini banyak orang menggunakan CMS WordPress untuk membangun semua jenis situs web. Dari website perusahaan, toko online dan website portofolio.

Drupal

Seperti halnya WordPress, perangkat lunak ini juga open source dan sejauh ini ribuan komunitas atau pengembang web di seluruh dunia mengembangkan dan memeliharanya. CMS ini menggunakan lisensi GPL. Dibangun dengan bahasa PHP, Drupal juga dapat diinstal pada beberapa jenis database seperti MySQL, PostgreSQL, SQLite, MariaDB dan lain lain.

Selain itu, Drupal dirancang untuk menangani jumlah pengunjung yang tinggi. Dengan demikian, website yang menggunakan CMS ini akan berorprasi ebih stabil saat dibuka banyak pengunjung. karena itu salah satu alasan NASA dan Tesla memilih Drupal sebagai platfrom website mereka.

Joomla

CMS ini juga menggunakan lisensi GPL dan juga Open Source sehingga dapat mengalami pengembangan yang dilakukan oleh banyak pemain komunitas atau web developer. Perangkat lunak Joomla juga dibangun dalam bahasa PHP dan menggunakan database MySQL. Berbagai fitur menarik disediakan seperti sistem caching untuk meningkatkan kinerja, RSS, blogging, dan lain lain

Apa yang membuat Joomla layak digunakan adalah fitur bawaan yang tidak dimiliki CMS lain. Misalnya, dukungan multi-bahasa. Dengan fitur ini, situs web bisa dalam beberapa bahasa sekaligus tanpa memasang plugin.

Dengan fitur bawaan ini, tidak heran jika Joomla digunakan oleh organisasi dan bisnis internasional seperti IKEA, pengecer global barang-barang rumah tangga, adalah salah satunya. Dan juga kemampuan menentukan tema berbeda setiap halaman menjadi daya tarik Joomla

Prestashop

Seperti namanya, CMS ini sebenarnya lebih cocok digunakan sebagai toko online (E-comers) berbasis web. Kehadiran toko online ini nyatanya mengalami perubahan hingga saat ini. Prestashop juga Open Source. Dengan berbagai utilitas yang disediakan para pengusaha atau pengelola usaha kecil menengah tidak ragu lagi untuk menggunakan CMS Prestashop ini.

Ada ribuan tema menarik untuk dipilih di PrestaShop. Dengan cara ini anda dapat membuat situs E-commers yang keren.

Berkembangnya zaman membuat kebutuhan pengelolah web semakin menjadi prioritas utama. Adanya web dan blogging tidak hanya menjadi peluang bisnis namun juga menjadi sarana marketing.

Kabar baik untuk kalian semua, mulai sekarang kalian bisa join khursus CMS Di Argia Academy dengan menginvestasikan uang Rp.300.000 ribu kalian untuk 1 bulan, kalian dapet banyak benefit salah satunya konsultasi seumur hidup dan masih banyak lagi. Buruan daftarkan diri kalian dan dapatkan voucher akhir tahun.

Leave a Comment!

Kontak Kami

Argia Academy

Kampus 1
Jl M Hatta No 11, Kepanjenkidul, Kota Blitar, Jawa Timur 66113
Kampus 2
Bengawan Solo Regency Kav 3-4, Jl. Bengawan Solo, Kota Blitar 66122
Telp:
- Head Office : (0342) 809 917
- Telp : 082 142 334 334
Email
Info@argiaacademy.sch.id