Blog

Pengertian Email Marketing, Strategi, dan cara pembuatan emailnya

Pernahkah anda menerima pesan dari email lain yang menawarankan barang/jasa? jika pernah itulah email marketing, dengan lebih maraknya sosial media marketing sekarang semua menggunakan itu, mungkin anda bingung seberapa sih efektifnya menggunakanya? bagaimana sih strategi email marketing itu? dan apa contohnya? yuk simak artikel ini terus.

email marketing
email marketing

Pengertian Email Marketing

Email Marketing adalah email yang berisi konten atau juga bisa pesan komersial untuk dikirimkan kepada customer atau calon customer, berisi tentang informasi produk, promo atau biasanya event yang akan diselenggarakan, dan lain lain.

Email marketing bertujuan agar dapat terhubung dengan customer atau calon customer dengan mudah.

Sebelum anda menggunakan email marketing pastinya harus mengerti strateginya yuk simak terus.

Strategi Email Marketing

Memanfaatkan email marketing tentu perlu beberapa strategi khusus, berikut strateginya:

1. Mengenali kebiasaan calon pelanggan

Seperti jenis marketing lainnya, strategi yang utama pastinya mengenali kebiasaan calon pelanggan, mencari tau apa kebiasaan dan selera pelanggan, jika sudah mengerti dan anda menginginkan nya maka email yang cocok buat calon pelanggan bisa di buat.

2. Menetapkan Target Penjualan Melalui Email

Yang pertama riset dulu industri anda untuk mengetahui rata-rata hasil penjualan yang dilakukan dari email, setelah itu anda harus mengerti data menggunaan email dan menetapkan pengguna email yang akurat agar dapat menetapkan target penjualan.

3. Mengelompokan User

Jika anda sudah tau siapa pelanggannya dan target penjualamu, sekarang mengelompokan User email pelanggan di daftar tertentu.

Anda dapat mengelompokan menurut usia, minat, domisili, atau juga lainya, mereka akan mendaptkan pesan email sesuai apa yang anda kelompokan.

4. Menentukan Jenis Compaign-mu

Sebelum anda memulai mengirimkan pesan, terlebih dahulu anda harus menentukan compaign yang ingin anda jalankan, compaign ini berkaitan dengan profil customer yang sudah anda kelompokan di awal, pastikan target anda sudah tepat dengan sasaran.

jangan ketinggalan, menentukan jadwal pengiriman pesan email yang tepat kepada customermu, kasih tau pelanggan anda dari awal email apa yang mau anda kirimkan dan berapa sering mereka menerimanya.

Mengapa begitu? karena memiliki tujuan untuk memberi kepercayaan dan agar mereka selalu teringat oleh brand anda.

5. Mengevalusi dan Mengukur Hasilnya

Jangan lupa untuk mengukur hasil penjualan dari email yang sudah anda jalankan, setelah anda menerapkan beberapa strategi di atas ukuran keberhasilan harus segera di terapkan.

Itulah strategi strategi email marketing yang harus anda terapkan, dengan ini pastinya anda juga bingung bagaimana cara pembuatan email khusus marketing, karena hal utama yaitu mempunyai email, yuk simak terus.

cara membuat email marketing

email marketing
email marketing sumber: jojonomic

Sekarang kita akan memberi tutorial untuk pembuatan email untuk marketing:

1. Kumpulkan Daftar Email

Ada beberapa cara untuk mengumpulkan daftar email sebagai berikut :

konten yang di unduh gratis

Ada jenis banyak konten yang dapat anda bagikan dengan gratis, contohya e-book, trik dan tips, resep,dan lain-lain untuk mendaptkan alamat email audiens kamu .

Anda yakinkan bahwa konten yang anda miliki dapat memberikan nilai yang besar agar bersedia untuk memberi alamat email mereka untuk mengunduh konten anda dengan gratis.

Kelas Online atau Webinar

Jika anda seorang exspert dibidang anda, anda dapat mengadakan kelas online atau juga bisa webinar, untuk mendaftarnya, audiens harus memberikan alamat email pribadi mereka, mengapa harus mencantumkan email? karena dengan ini anda tidak cuma mendapat email, tapi dapat memposisikan diri anda di pasar sebagai exspert dan dapat memberi kepercayaan.

Free Trial/ Sample

Memberikan uji coba gratis atau sample merupakan cara yang sangat efektif untuk memperoleh perhatian audiens, dan membuat agar mereka membrikan email pribadinya dengan mudah.

2. Segmentasi Email & Personalilasi Konten

Segmentasi email merupakan teknik yang membuat email marketing yang anda buat lebih kuat, kemungkinan segmentasi anda bisa melakukan personalisasi konten menyesuaikan segmen yang ada.

segmentasi email dapat dilakukan berdasarkan informasi yang ada di kontak email masing masing, berdasarkan jenis kelamin, domosili, minat dan hobi, agar segera melaksanakan event di domisili tertentu agar memiliki konten yang sangat cocok, segmentasi tidak akan mengirim email jika tidak failed atau domisili pengguna tidak berada di daerah tersebut.

3. Kemas Konten Yang Mobile- Friendly

Email sangat sering dibuka menggunakan perangkat mobile, sudah terbukti tingkat membuka email tertingggi berada pada perangkat mobile, oleh sebab itu mengoptimalkan kemas konten mobile-frendly sangatlah penting.

Begitulah pengertian, strategi dan cara pembuatan email marketing dengan tepat, semoga anda tidak ragu ragu lagi untuk menggunakan email marketing.

Jika anda ingin kursus digital marketing dengan ahlinya yukk ikuti kursus di Argia Academy.

Leave a Comment!

Kontak Kami

Argia Academy

Kampus 1
Jl M Hatta No 11, Kepanjenkidul, Kota Blitar, Jawa Timur 66113
Kampus 2
Bengawan Solo Regency Kav 3-4, Jl. Bengawan Solo, Kota Blitar 66122
Telp:
- Head Office : (0342) 809 917
- Telp : 082 142 334 334
Email
Info@argiaacademy.sch.id

Butuh Bantuan?

We are here to help you! Do not hesitate to ask us anything. Click below to start chat.

Customer Support

CS Argia Academy

Online

CS Argia Academy

Hi, What can i do for you? 00.00