Blog

Bagaimana Cara Menjadi Content Creator YouTube? Simak 5 Tips di Bawah!

Profesi sebagai content creator YouTube pasti sudah tidak asing lagi di telinga kalian. Begitu banyak orang yang memutuskan untuk menjalani pekerjaan ini karena selain job desk yang dilakukan tidak terlalu rumit, uang yang dihasilkan juga bisa mencapai miliaran rupiah. Hal ini sudah banyak dibuktikan oleh artis dan content creator lain yang sudah lebih dulu menjadi YouTuber.

Mau tahu tips dan rahasia agar menjadi content creator YouTube yang bisa membuatmu meraup keuntungan yang berlimpah? Mari segera ketahui lima tips di bawah ini.

ilustrasi-content-creator-youtube
ilustrasi-content-creator-youtube, cr unsplash.com

5 Tips Menjadi Content Creator YouTube

Buat Ide yang Menarik

Sudah membuat akun YouTube tapi tak tahu cara mengelolanya? Mungkin kamu perlu mencoba menjadi seorang content creator. Content creator YouTube adalah pekerjaan yang cukup mudah untuk dilakoni. Namun syarat menjadi seorang content creator juga perlu kamu ketahui sebelum membuat satu video pun.

Sebelum menentukan ide, ada baiknya kita menentukan tema terlebih dahulu. Meskipun ide adalah akar dari semua video yang akan kamu buat, tema adalah hal yang paling mendasar dari channel YouTube-mu. Yang dimaksudkan dengan tema, adalah mengkategorikan channel YouTube-mu. Kamu bisa memilih beberapa opsi seperti gaming, edukasi, atau komedi, dan lain sebagainya.

Setelah menentukan kategori channel, kamu bisa mengembangkan ide untuk setiap konten berdasarkan kategori channel. Semisal kamu mengembangkan channel dengan kategori edukasi, kamu bisa membuat video seputar tips-tips belajar, dan juga memotivasi para pelajar. Akan lebih baik jika konten yang kamu buat tidak oot alias out of topic, sehingga mudah mendapatkan penggemar yang setia.

Tentukan Sasaran Penonton

Sasaran penonton sangat penting. Ini sama halnya dengan menentukan target pasar. Dengan menentukan sasaran penonton, kamu bisa membuat konten dengan lebih mudah. Alasannya adalah karena kita sudah tahu seperti gaya bahasa, visual, dan lain sebagainya yang mudah dipahami oleh sasaran penonton.

Contohnya jika kita ingin membuat channel dengan kategori gaming. Jika menyasar penonton yang lebih muda, tentu konten akan dibuat agar penonton yang lebih muda bisa dengan mudah memahami isinya. Sasaran penonton cukup penting agar konten yang dibuat bisa lebih cocok dan ramah penonton.

Contoh lain, jika membuat channel dalam kategori kecantikan. Jika sasaran penontonnya adalah perempuan remaja, pastinya konten akan dibuat agar tidak membosankan. Penonton adalah sumber penghasilan content creator YouTube, sehingga memilih target penonton yang ramai adalah sebuah keharusan.

Buat Konten yang Menarik dan Mudah Dipahami

Konten adalah hal terpenting yang menjadi wajah dari suatu channel. Jika menarik, kemungkinan untuk dapat menghasilkan uang akan besar. Apalagi jika masuk daftar trending. Oleh karena itu, membuat konten yang menarik dan mudah dipahami menjadi suatu nilai mutlak dalam dunia content creator.

Selain harus menarik dan memiliki ide yang orisinil, konten yang mudah dipahami akan mendapat nilai plus. Sebab penonton di Indonesia rata-rata suka menonton konten yang ringan dan meski memiliki topik berat, akan lebih disukai jika dikemas dengan ringan. Dengan memperhatikan hal ini, kamu bisa membuat konten yang lebih menarik lagi.

ilustrasi-content-creator-youtube
ilustrasi-content-creator, cr unsplash.com

Beri Judul yang Menarik Penonton

Judul adalah mata dari sebuah konten. Jika ingin kontenmu lebih banyak dilirik orang, akan lebih baik jika membuat judul yang menarik. Setelah menarik penonton lewat judul, views yang banyak juga akan datang dengan sendirinya.

Biasanya dengan menggunakan kata ‘video’, konten akan mudah ditemukan dan dilirik penonton. Sertakan juga kata kunci yang mudah ditemukan. Judul yang menarik tidak kan ada gunanya jika tidak ditemukan penonton. Oleh karena itu, jangan lupa untuk memasukkan kata kunci yang mudah dicari oleh orang-orang dan sasaran penonton yang sudah ditentukan sebelumnya.

Latih Kemampuan Berbicara

Seperti halnya MC sebuah acara, kemampuan berbicara yang baik juga menjadi hal yang harus diperhatikan. Jika artikulasi atau penyebutan katanya tidak tepat, konten bagus yang sudah kamu buat akan menajdi sia-sia. Kenyamanan penonton dalam melihat kontenmu sangat dibutuhkan agar mereka mau melihat sampai durasi habis.

Oleh karena itu, jika tidak terbiasa bicara di depan kamera, latih hal itu mulai dari sekarang. Memperlancar kemampuan berbicara alias public speaking menjadi salah satu skill yang harus dikuasai di zaman sekarang. Meski tidak menjadi seorang content creator YouTube, kamu tetap harus mengembangkan skill ini.

ilustrasi-content-creator-youtube
ilustrasi-content-creator-youtube, cr unsplash.com

Bagaimana? Setelah membaca artikel ini, masih mau jadi content creator YouTube? Semua tujuan pasti ada jalannya, jadi jangan khawatir akan masalah-masalah di depan. Untuk menghindari masalah-masalah tersebut, ada baiknya kamu belajar dulu tentang digital marketing. Nah, cuma di Argia Academy, tempat belajar digital marketing. Tunggu apa lagi? Yuk klik link di bawah

Leave a Comment!

Kontak Kami

Argia Academy

Kampus 1
Jl M Hatta No 11, Kepanjenkidul, Kota Blitar, Jawa Timur 66113
Kampus 2
Bengawan Solo Regency Kav 3-4, Jl. Bengawan Solo, Kota Blitar 66122
Telp:
- Head Office : (0342) 809 917
- Telp : 082 142 334 334
Email
Info@argiaacademy.sch.id

Butuh Bantuan?

We are here to help you! Do not hesitate to ask us anything. Click below to start chat.

Customer Support

CS Argia Academy

Online

CS Argia Academy

Hi, What can i do for you? 00.00