Blog

Apa Itu Dropshipper? Simak 5 Cara Memulai Bisnis Dropship!

ilustrasi bukti pembayaran | source : unsplash.com

Sering kita mendengar istilah reseller dan dropshipper dalam dunia bisnis, reseller sih udah sering denger tapi apa dropshipper? Yuk simak artikel dibawah biar kamu makin paham apa itu dropshipper!

Apa itu Dropshipper?

Dropshipper merupakan istilah yang digunakan untuk pelaku dropship. Dropship ini merupakan model bisnis dimana penjual mengambil produk dari orang lain atau supplier dan menjualnya tanpa perlu melakukan penyetokan barang dan mengirimkannya sendiri. Dalam model bisnis ini kita sebagai penjual hanya berperan menjual produk dan meneruskan pesanan kepada pihak supplier, nah untuk bagian pengemasan dan pengiriman barang ini dilakukan oleh pihak supplier.

Apa Keuntungan Menjadi Dropshipper?

dropshipper
source : unsplash.com

Apa sih untungnya buat kita menerapkan sistem bisnis dropship ini?

1. Tanpa Modal

Jika dibandingkan dengan sistem bisnis lain, sistem bisnis ini mengeluarkan biaya modal yang relatif sedikit. Sistem ini tidak membutuhkan kita untuk mengeluarkan modal untuk menyetok produk, tidak seperti halnya reseller yang membutuhkan modal awal untuk menyetok produk. Sistem bisnis ini menjadi cocok diterapkan pada Anda yang memiliki modal minim untuk memulai sebuah usaha.

2. Cukup Mudah Dilakukan

Sistem dropship ini mudah dan efisien dilakukan karena anda hanya perlu melakukan promosi dan penjualan, tanpa perlu merepotkan hal mengenai pengemasan pengecekan barang, serta pengiriman barang ke konsumen. Sistem ini juga mudah dilakukan oleh pemula, karena Anda hanya memerlukan smartphone dan koneksi internet untuk memulai melakukan promosi dan melakukan transaksi penjualan.

3. Banyak Pilihan Produk

Keutungan dropship selanjutnya adalah banyak pilihan produk yang dapat dijadikan pilihan untuk dijual kembali. Hal ini merupakan keuntungan bagi dropshipper, karena dapat menjual produk dari berbagai supplier. Meskipun demikian, pada tahap awal merintis usaha ini disarankan untuk tidak mengambil barang dari terlalu banyak supplier.

4. Fleksibel

Keuntungan selanjutnya adalah fleksibel. Fleksibel yang dimaksud adalah dalam melakukan promosi dan penjualan, usaha ini dapat Anda lakukan darimana saja dan kapan saja selama ada koneksi internet yang memadai.

5. Resiko Usaha Kecil

Resiko usaha yang keil dalam dropship ini didapat dari berkurangnya resiko hilangnya modal awal, resiko tren perubahan produk, resiko kerusakan barang akibat poses penyimpanan, dan semacamnya.

Langkah Memulai Menjadi Dropshipper

source : unsplash.com

1. Tentukan Produk yang Akan Dijual dan Riset Pasar

Untuk memulai bisnis ini, perlu menentukan produk apa yang akan Anda jual. Anda harus tau betul produk apa yang akn Anda pasarkan dan siapa target pasarnya, hal ini dapat Anda cari dengan melakukan riset pasar.

Menentukan produk yang akan dijual membutuhkan riset pasar, mengenai produk apa yang digemari masyrakat saat ini atau mengenai produk yang mungkin dan sedang dibutuhkan oleh masyarakat. Dengan melakukan riset pasar akan menghindari dari berbagai kemungkinan resiko di masa depan.

2. Tentukan Supplier Barang yang Berkualitas

Setelah mengetahui produk apa yang akan dijual, lakukan riset dan perbandingan dari berbagai supplier dan tentukan supplier mana yang akan Anda jadikan pilihan.

3. Tentukan Strategi Marketing dan Platform Jualan

Salah satu bagian penting dalam bisnis adalah perencanaan, bagaimana rencana strategi Anda dalam memasarkan dan mempromosikan sebuah produk. Tua ini berbisnis dengan menggunakan platform jualan online menjadi pilihan banyak orang, Anda dapat memanfaatkan peluang ini untuk berjualan juga di platform online tersebut dengan harapan jangkauan calon pelanggan yang lebih luas.

4. Promosikan Bisnis Anda

Yang terpenting selanjutnya dari rencana strategi adalah merealisasikannya. Mulailah melakukan promosi mengenai bisnis Anda kepada para calon konsumen.

5. Analisis dan Evaluasi

Nah apabila seluruh langkah sebelumnnya sudah dilakukan, maka Anda hanya perlu melakukan analisis serta evaluasi. Pastikan lagi bahwa produk yg dipilih memang telah tepat. Selain itu juga, tentukan harga menggunakan melihat toko dropshipper lain yang menjual produk sama. Evaluasi penjualan pun perlu dilakukan secara berkala selama proses usaha berjalan.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai apa itu dropshipper dan kelebihannya, serta bagaimana cara memulai menjadi dropshipper. Semoga dengan artikel diatas dapat memotivasi Anda untuk semakin semangat dalam berusaha, karena ada banyak kisah berawal dari dropshipper yang kini sukses di usia muda.

Apakah Ada tertarik menjadi dropshipper? Atau tertarik pada hal yang lebih luas, mengenai bagaimana dunia digital marketing? Yuk belajar tentang dunia marketing di tempat ahlinya dan yang pasti lulusannya bersertifikat lho! Yuk klik link dibawah untuk info lebih lanjut!

Leave a Comment!

Kontak Kami

Argia Academy

Kampus 1
Jl M Hatta No 11, Kepanjenkidul, Kota Blitar, Jawa Timur 66113
Kampus 2
Bengawan Solo Regency Kav 3-4, Jl. Bengawan Solo, Kota Blitar 66122
Telp:
- Head Office : (0342) 809 917
- Telp : 082 142 334 334
Email
Info@argiaacademy.sch.id

Butuh Bantuan?

We are here to help you! Do not hesitate to ask us anything. Click below to start chat.

Customer Support

CS Argia Academy

Online

CS Argia Academy

Hi, What can i do for you? 00.00