Blog

Advertisement: Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Contoh advertisement

Mungkin diantara kalian masih ada yang belum mengerti tentang Advertisement. Banyak yang masih bertanya-tanya, apa sih itu Advertisement? Singkatnya sih, advertisement adalah iklan. Saat ini banyak yang menggunakan advertisement sebagai salah satu komponen yang sering digunakan untuk mengembangkan bisnis. Tidak heran jika orang menggunakan iklan sebagai strategi dalam melakukan bisnis.

Akan tetapi masih ada juga yang belum paham banget tentang dunia periklanan. Nah pada kesempatan kali ini, akan membahas tentang Advertisement (Periklanan). Mari kita simak bersama-sama.

ilustrasi advertising
ilustrasi advertising site unsplash

Pengertian Advertisement (Periklanan)

ilustrasi advertisement
ilustrasi advertisement | Sumber: ilmubahasainggris.com)

Advertisement (Periklanan) adalah sebuah teks yang memiliki tujuan untuk mengumumkan sesuatu untuk menarik perhatian banyak orang dan juga agar suatu produk lebih mudah terkenal di semua kalangan umum. Selain itu, Advertisement juga sering kali digunakan untuk memberikan informasi tentang lowongan pekerjaan.

Pada intinya sih, periklanan saat ini lebih digunakan untuk hal-hal yang lebih bersifat komersil dan untuk mendapatkan keuntungan ekonomi. Sarana yang sering digunakan saat ini melalui media untuk menyampaikan pesannya. Media yang digunakan melalui televisi, radio, cetak (koran,majalah,dll), internet, poster, visual, dan lainnya.

Nah, kalau sudah jelas, sekarang mari kita membahas tentang tujuan, jenis, stuktur dan contohnya.

Tujuan Advertisement (Periklanan)

  • Untuk memberikan informasi dan mengenalkan produk ke masyarakat.
  • Mengajak para pendengar atau pembaca untuk membeli dan menggunakan produk yang kita tawarakan.
  • Berupaya membujuk para pendengar dan pembaca untuk menimbulkan rasa memiliki dan menggunakan produk tersebut.
  • Meyakinkan komunikan atas produk yang kita iklankan supaya mereka berusaha untuk memiliki dan menggunakannya.
  • Sudut pandang sebagai konsumen, mereka mengetahui informasi yang berkaitan dengan harga, spesifikasi, kualitassuatu produk yang diiklankan.

Anda juga bisa membaca: Generic Structure of Advertisement Text

Jenis Advertisement (Periklanan)

Berdasarkan jenis periklanan, dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya:

1. Iklan Cetak

gambar koran
ilustrasi koran site unsplash

Iklan media cetak sekarang memang tidak terlalu populer dibanding dengan iklan online. Tetapi jenis ini masih banyak digunakan untuk mempromosikan iklan. Iklan cetak adalah iklan yang dipublikasikan melalui media cetak, seperti majalah, koran dan tabloid, dan lain-lain.

2. Radio

Jika kalian sedang mendengarkan radio, pasti tidak asing lagi dengan iklan-iklan yang ditayangkan di radio. Biasanya ada pembicaraan antara dua orang yang sedang membicarakan suatu masalah dan masalah tersebut diselesaikan dengan menggunakan suatu produk yang diiklankan.

Mengiklankan di radio memiliki beberapa kelemahan bagi para pendengarnya. Kelemahan yang dimaksud seperti informasi yang didapat sulit diingat dan produk yang diiklankan kasat mata atau tidak bisa terlihat oleh pendengar radio.

3. Online Advertising

Periklanan online menjadi salah satu media iklan yang paling populer saat ini. Online Advertising adalah menjadi salah satu paling efektif untuk diterapkan. Bagaimana tidak, Online Advertising dapat menentukan target pasar sesuai dengan keinginan, seperti lokasi, gender, dan lain-lain.

Selain itu, mengiklankan secara online dibilang lebih murah dibanding semua bentuk lainnya. Biasanya, iklan online berada disebuah website, aplikasi, media sosial, dan yang lainnya.

Akan tetapi, mengiklankan secara online juga memiliki beberapa kerugian, diantaranya adalah tidak semua orang bisa melihat iklan yang kamu pasang di internet dan juga tidak semua iklan bisa mencapai kepada audiens yang ditargetkan.

4. Iklan Televisi

Dulu iklan di televisi termasuk paling populer sebelum adanya online advertising. Banyak perusahaan yang menggunakan jenis iklan ini untuk menjangkau audiens yang ditargetkan.

Televisi menjadi salah satu media iklan yang terbilang paling komplit. Karena televisi menawarkan suara, visual dan tulisan yang bisa membuat iklan lebih berpengaruh kepada audiens yang ditargetkan. Sehingga membuat perusahaan tertarik dengan iklan di televisi meskipun terbilang cukup mahal biayanya.

5. Iklan Outdoor

Selanjutnya adalah iklan outdoor. Iklan Outdoor adalah iklan yang berada diluar ruangan. Dengan begitu, iklan dapat dengan mudah dilihat oleh masyarakat luas. Biasanya iklan outdoor memiliki ukuran yang lebih luas karena ditempatkan diruang terbuka. Jenis iklan outdoor bermacam-macam, mulai dari billboard sampai poster.

Ketika suatu perusahaan ingin menjangkau audiens yang ditargertkan lebih luas, maka iklan outdoor menjadi salah satunya solusi yang paling tepa.

Contoh Advertisement

contoh advertisement
ilustrasi advertisement | Sumber: hubster.co.id
contoh-advertisement-1-1
ilustrasi advertisement | Sumber: dimensibahasainggris.com/
contoh-iklan
contoh-iklan | Sumber: contohtext.com

Itulah sedikit materi tentang pengertian dari periklanan, kemudian tujuannya dan jenis serta contoh dari advertising itu sendiri.

Jika kalian ingin belajar tentang digital marketing, siahkan Anda mengikuti kursus atau kuliah digital marketing di Argia Academy. Dijamin materi yang diberikan secara lengkap dan pastinya Anda nyaman belajar di Argia Academy dengan fasilitas yang dimiliki. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, silahkan klink link dibawah ini.

Leave a Comment!

Kontak Kami

Argia Academy

Kampus 1
Jl M Hatta No 11, Kepanjenkidul, Kota Blitar, Jawa Timur 66113
Kampus 2
Bengawan Solo Regency Kav 3-4, Jl. Bengawan Solo, Kota Blitar 66122
Telp:
- Head Office : (0342) 809 917
- Telp : 082 142 334 334
Email
Info@argiaacademy.sch.id

Butuh Bantuan?

We are here to help you! Do not hesitate to ask us anything. Click below to start chat.

Customer Support

CS Argia Academy

Online

CS Argia Academy

Hi, What can i do for you? 00.00