Blog

Pengertian Instagram Marketing dan 3 Panduan Singkatnya

Apa itu instagram marketing, sih? Dalam artikel ini, kamu akan menambah ilmu baru mengenai digital marketing dengan mempelajari mengenai instagram marketing. Yuk, jangan buang-buang waktu, mari kita masuk ke materi!

ilustrasi-instagram-marketing
ilustrasi-instagram-marketing, cr unsplash.com

Pengertian Instagram Marketing

Instagram marketing adalah segala upaya digital marketing dan pemasaran yang dilakukan di Instagram. Instagram sendiri adalah aplikasi media sosial yang banyak digunakan oleh anak muda saat ini. Terutama generasi milenial dan Gen Z.

Jika produk barang atau jasa yang ingin dipasarkan memiliki pangsa pasar anak-anak muda, maka Instagram adalah media yang paling cocok selain TikTok. Instagram marketing sama dengan social media marketing lainnya, yakni menggunakan dua jenis, di antaranya Organik dan Berbayar.

Organik adalah metode instagram marketing yang mencakup unggahan di Instagram, story Instagram, IGTV, reels, dan fitur-fitur lain dalam Instagram. Organik adalah metode instagram marketing yang memungkinkan kita untuk mengunggah konten mengenai produk barang atau jasa yang akan dipasarkan.

Sementara Berbayar adalah metode marketing dengan menggunakan Instagram Ads, yang juga terhubung ke Facebook Ads. Fungsinya adalah mengiklankan produk barang atau jasa yang akan dijual.

Nah, setelah membahas pengertian, waktunya kita membahas mengenai panduan Instagram Marketing, nih. Yuk simak pembahasannya di bawah!

ilustrasi-instagram-marketing
ilustrasi-instagram-marketing

Tipe Akun di Instagram

Terdapat tiga jenis akun di Instagram, yaitu: brand, personal, dan generic. Mari kita bahas satu per satu, karena kita bisa memilih yang mana pun seusai kebutuhan.

Yang pertama, brand. Tipe akun ini digunakan kalau kita memiliki produk dan merk sendiri, kita bisa menggunakan nama brand sebagai nama Instagram. Ini juga dilakukan agar akun Instagram mendapatkan traffic ke blog/website produk yang sudah kita miliki.

Yang kedua, personal. Jika kita hanya membutuhkan akun Instagram untuk personal sambil memajang portofolio dan berjualan, maka nama pribadi bisa digunakan dalam akun ini.

Yang ketiga, generic. Jika ada kebutuhan-kebutuhan lain, maka generic adalah pilihan yang tepat. Sebab lebih spesifik ke bidang yang akan diterjunkan.

Salah satu tips yang perlu kalian ikuti adalah, gunakan satu akun untuk satu kebutuhan. Jangan mencampur adukkan berbagai keperluan dalam satu akun. Cukup satu akun untuk satu keperluan. Misalnya, untuk bisnis hendaknya menggunakan akun khusus bisnis dan tidak mencampurnya dengan akun personal.

ilustrasi-instagram-marketing
ilustrasi-instagram-marketing, cr unsplash.com

Akun Bisnis Instagram

Saat ini, Instagram sudah memiliki pilihan tipe akun, yakni akun personal dan bisnis. Apa perbedaan di antara keduanya? Mari kita bahas satu per satu.

Akun personal sama seperti akun pada umumnya, bahkan fiturnya tidak jauh beda dengan akun bisnis. Namun fitur di akun bisnis memang ditambah untuk menunjang riset bisnis yang ada.

Akun bisnis dibuat dengan beberapa kelebihan, terutama dalam melihat data jangkauan pengikut. Kita bisa mempelajari pengikut akun bisnis kita untuk riset yang lebih dalam. Bagaimana cara mengubah akun personal menjadi akun bisnis?

Mudah saja. Pertama-tama, buka pengaturan. Kemudian cari opsi ‘Switch to Business Account’, lalu klik yang itu. Ikuti langkah-langkahnya hingga selesai, dan akun bisnismu sudah siap untuk dipakai.

Satu aplikasi instagram di ponsel bisa menampung sampai lima akun berbeda. Oleh karena itu, kita harus memanfaatkan keadaan ini dengan baik. Kita bisa menggunakan satu akun sebagai akun bisnis utama, dan yang lain guna membantu promosi bisnis.

Cara Melakukan Instagram Marketing

Sebelum melakukan Instagram marketing, ada baiknya kita melakukan persiapan-persiapan sebagai berikut:

Tentukan Tujuan Instagram Marketing yang Akan Dilakukan

Ini bisa berupa perdagangan, personal branding, sumber traffic ke blog produk, dan lain sebagainya.

Tentukan Target Audience Alias Target Konsumen

Sebelum membuat konten apa pun, ada baiknya kita menentukan dulu target konsumen. Dan setiap produk memiliki target konsumennya sendiri. Untuk menarik konsumen anak-anak dan orang dewasa tentu menggunakan pendekatan yang berbeda. Cara paling mudah dalam menentukan target audiens adalah melihat orang yang mencari kebutuhan yang mirip dengan kita.

Siapkan Landing Page/Traffic Flow

Sebelum membuat akun, siapkan dahulu landing page/traffic flow. Ini adalah jalan kepada target untuk mengantarkan mereka ke halaman yang sudah disiapkan. Ini bisa berupa kontak atau website produk. Landing page/traffoc flow sangat penting agar dapat mengarahkan pembeli menuju transaksi mereka untuk produk kita.

Menyiapkan Akun

Seperti yang tadi sudah disebutkan, untuk jangan mencampur adukkan semua kepentingan dalam satu akun. Cukup satu akun saja yang digunakan sebagai akun utama. Sisanya bisa digunakan untuk mempromosikan akun utama. Jumlah akun promosi ini akan jauh lebih baik jika banyak.

Siapkan Konten

Nah, akhirnya kita siap memulai konten baru untuk mempromosikan produk barang atau jasa di akun utama. Jangan pernah lupakan jika konten adalah identitas dan cara orang lain melihat brand bisnis kita. Oleh karen itu, kita harus membuat konten positif sekaligus dapat menarik pembeli yang sudah ditargetkan.

Itulah beberapa tips dalam Instagram marketing. Setelah mengetahui semua ini, yuk segera dipraktekkan! Untuk dapat mempelajari Instagram marketing dengan lebih baik, kita harus belajar lebih keras. Di mana? Tentu saja Argia Academy jawabannya. Argia Academy menawarkan sekolah digital marketing selama satu tahun, dan dijamin langsung bisa dipraktekkan di bisnismu sendiri, lho! Tunggu apa lagi? Yuk segera daftar!

Leave a Comment!

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

Kontak Kami

Argia Academy

Kampus Bandung
Komplek Pertokoan Buah Batu Commercial, Jl. Adhyaksa Raya No.42 Kota Bandung Jawa Barat
Kampus Jakarta
MULA by Galeria Jakarta, Cilandak Townsquare, lantai basement, Jl. TB Simatupang No.17, RT.6/RW.9, Cilandak Bar., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12430
Kampus Semarang Jalan Beringin Raya No.29 Kel. Wonosari Kec. Ngaliyan Kota Semarang Lt.2 Raja Mart ( Depan Kampus PGSD Unnes Ngaliyan )
Kampus Blitar
Jl. M Hatta No.11, Kepanjenkidul, Kota Blitar, Jawa Timur 66113
Telp:
- Head Office : (0342) 809 917
- Telp : 082 142 334 334
Email
Info@argiaacademy.sch.id

Butuh Bantuan?

We are here to help you! Do not hesitate to ask us anything. Click below to start chat.

Customer Support

CS Argia Academy

Online

CS Argia Academy

Hi, What can i do for you? 00.00