Blog

7 Jenis Digital Marketing Untuk Bisnis Kamu

Saat ini kegiatan pemasaran terbagi menjadi dua, yaitu pemasaran tradisional (conventional marketing) yang menggunakan media offline seperti billboard, koran, majalah, brosur dsb dan pemasaran digital yang menggunakan media digital sebagai media pemasaran.

Digital marketing adalah strategi yang sangat tepat untuk membantu aktivitas promosi. Dan ada beberapa macam jenis digital marketing.

Berbagai Jenis Digital Marketing
Berbagai Jenis Digital Marketing

Pada artikel kali ini, kami akan membahas lebih dalam mengenai pengertian, manfaat, jenis, hingga contoh dari adanya beberapa jenis pemasaran digital. Bagi anda yang masih pemula dan belum mengenal lebih jauh tentang strategi bisnis ini, kami akan memberikan penjelasan yang lebih informatif dan mudah dipahami untuk dapat diterapkan pada bisnis anda.

Di Indonesia sendiri pengguna internet telah menembus angka lebih dari 212 juta jiwa. Dengan tingginya angka pengguna ini, sangat wajar jika pertumbuhan dan angka belanja iklan digital juga sangat tinggi.

Digital marketing memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh pemasaran konvensional. Manfaat itu adalah dapat menjangkau lebih luas, penyampaian informasi lebih cepat, terukur, dan lebih hemat biaya.

Pengertian Digital Marketing

Digital marketing adalah berbagai pemasaran produk atau jasa dengan menggunakan media digital dan teknologi berbasis digital untuk menjangkau target pasar yang lebih luas.

Jenis-Jenis Digital Marketing

Setelah membaca definisi singkat dari digital marketing tersebut. Selanjutnya, kita akan mengenal beberapa jenis  digital marketing yang sering digunakan pada tahun 2021 ini. 

1. Konten Marketing

Content Marketing

Membuat serta membagikan konten tentang perusahaan. Hal tersebut untuk menarik pembaca mengetahui bisnis dan memotivasi mereka untuk menjadi pembeli. Biasanya, konten marketing dapat berupa artikel diluar produk atau pelayanan.

Beberapa contohnya juga dapat dibuat dalam bentuk unggahan blog, media sosial, artikel, e-book, indografis serta brosur online. Terdapat dua syarat penting dalam membuat content marketing. Syarat pertama adalah bernilai, relevan, dan konsisten. Syarat kedua adalah berorientasi pada konversi menjadi konsumen.

2. SEO (Search Engine Optimization)

Search Engine Optimization

SEO adalah upaya untuk mengoptimasi sebuah situs agar mendapatkan peringkat teratas dari hasil pencarian.

Untuk menjadi peringkat teratas, Anda perlu memahami bagaimana sistem mesin pencari. Media yang dapat digunakan seperti websiteblogs dan indografis.

SEO dibuat secara organik dengan mengoptimalkan kata kunci relevan pada artikel kamu. Selain untuk menambah traffic situs bisnis Anda, SEO juga akan membantu menambah penjualan dan mengubah pengunjung pasif menjadi pelanggan kamu.

3. Sosial Media Marketing

Social Media Marketing

Adalah aktivitas menggunakan media sosial sebagai sarana untuk memasarkan produk. Anda mempromosikan brand dan konten di media sosial seperti Facebook, Whatsapp, Twitter, Facebook Messenger. Media sosial merupakan sarana untuk membesar-besarkan brand.

Media sosial memungkinkan konsumen dan brand menjalin interaksi secara langsung. Inilah mengapa iklan melalui media sosial dianggap lebih efisien dibandingkan dengan ikan konvensional.

4. E-Mail Marketing

Apakah kamu pernah mendapatkan email dari perusahaan atau dari Komerce yang berisi tentang info terbaru, promo, dan sebagainya. Jika iya, itu merupakan contoh dari pemasaran e-mail atau e-mail marketing.

E-mail marketing sebenarnya sama dengan e-mail biasa yang sering kamu terima dari rekan kerja atau teman kamu, perbedaannya hanya terletak pada isinya. E-mail marketing biasanya berisi brosur dan penjelasan singkat tentang brosur tersebut, di dalamnya terdapat Call to Action yang akan mengarahkan kamu untuk menindak lanjuti informasi tersebut.

5. Iklan Televisi

Iklan TV

Iklan televisi adalah serangkaian video yang diciptakan untuk diputar di sela-sela acara televisi. Iklan TV tentu sudah bukan hal yang asing karena kamu pasti pernah melihat ini, kecuali jika kamu berlangganan TV berbayar.

Hal ini menjadi strategi marketing yang ampuh, karena sebagian dari kami yang merupakan calon konsumen, memiliki kecendrungan visual.

Dengan kata lain tertarik dengan produk yang ditampilkan secara visual, yang dapat dipandang mata

6. Iklan Radio

Iklan Radio

Jenis digital marketing berikutnya adalah iklan radio. Iklan radio merupakan iklan berbentuk suara yang disiarkan melalui media radio broadcasting. Iklan radio terbagi menjadi adlibs, iklan spot, talkshow, insert dan sebagainya.

Meskipun terdengar sudah ketinggalan jaman, radio ternyata tetap memiliki peminatnya tersendiri.

Hal ini dapat terlihat dengan semakin tersesuaikannya konten yang ada di radio, sehingga menarik anak muda menjadi peminat barunya.

7.Affiliate Marketing

Affiliate Marketing

adalah ketika Anda bermitra dengan layanan atau situs orang lain untuk membuat komisi dengan merujuk pembaca atau pengunjung ke bisnis Anda. Contohnya Hosting video ads dengan Youtube.


Kesimpulan

Setelah kita membaca dari berbagai jenis digital marketing, maka dapat kita ambil kesimpulan bahwa

Luasnya jangkauan dari digital marketing sangat berpotensi untuk memperkenalkan brand kamu lebih luas dibandingkan dengan strategi konvensional.

Di samping itu, digital marketing dinilai lebih efektif karena kamu dapat menargetkan audience secara spesifik.

Marketing merupakan ujung tombak dari penjualan.

Hal ini dikarenakan dengan adanya marketing, anda sebagai pebisnis dapat membaca pasar dan menyajikan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh pasar.

Selain itu, dengan adanya marketing pula, pasar dapat dibentuk dan penjualan dapat ditingkatkan.

Strategi marketing dilakukan dengan tujuan agar penjualan dapat meningkat.

Dalam melakukan sebuah strategi, maka harus disesuaikan terlebih dahulu dengan keadaan pasar.

Jika saat ini pasar lebih di dominasi oleh anak muda, maka strategi yang digunakan pun harus sesuai untuk menarik anak muda menjadi pelanggan dari perusahaan yang anda miliki.

Mungkin masih banyak macam-macam digital marketing yang tepat untuk bisnis atau perusahaan Anda.

Selain itu, mereka juga tidak harus menghabiskan banyak waktu dan tenaga, karena telah banyak platform–platform online shop yang dapat memenuhi kebutuhan mereka.

Selain memudahkan, juga dapat mengehemat pengeluaran, karena banyaknya promo yang ditawarkan. Namun, kita tetap harus menjadi pemakai bijak.

Leave a Comment!

Kontak Kami

Argia Academy

Kampus 1
Jl M Hatta No 11, Kepanjenkidul, Kota Blitar, Jawa Timur 66113
Kampus 2
Bengawan Solo Regency Kav 3-4, Jl. Bengawan Solo, Kota Blitar 66122
Telp:
- Head Office : (0342) 809 917
- Telp : 082 142 334 334
Email
Info@argiaacademy.sch.id