Blog

10 Strategi Pemasaran Bisnis

Menetapkan strategi pemasaran adalah hal penting yang tidak boleh dilewatkan, sebagus dan semenarik apapun produk kalian bila tidak mempunyai strategi pemasaran tidak akan menghasilkan keuntungan. Maka dari itu mempelajari ilmu pemasaran sangatlah penting untuk pengembangan bisnis.

Ilustrasi strategi pemasaran
Ilustrasi strategi pemasaran (unsplash.com)

Pengertian Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran adalah upaya memasarkan atau mengenal produk secara keseluruhan kepada calon konsumen dan pelanggan, dengan kalian menyusun strategi jumlah penjual semakin meningkat. Pemasaran dapat dikatakan sebagai penghubung antara penjual dan pembeli apabila memilki 3 faktor harga jual yang terdiri dari produksi, pemasaran, serta konsumsi.

Fungsi Strategi Pemasaran

Berikut 4 poin yang menjelaskan fungsi strategi pemasaran :

  1. Terdapat penilaian kinerja dalam bidang usaha ataupun perusahaan untuk melihat kualitas dan mutu dalam bekerja semakin efektif atau tidak.
  2. Untuk membantu mencapai tujuan perusahaan dalam kurun waktu panjang dan pendek.
  3. Untuk menyusun jalannya bisnis dengan koordinasi tim secara lancar dan sesuai target pemasaran.
  4. Untuk memotivasi pembisnis dalam menjalankan bisnis di masa yang akan datang.

Tujuan Kegiatan Strategi Pemasaran

  1. Menjadikan kemampuan pengembangan bisnis supaya dapat melakukan adaptasi.
  2. Untuk mendasari cara berfikir dalam mengambil keputusan pemasaran.
  3. Untuk mengukur hasil pemasaran melalui prestasi yang ditentukan.
  4. Untuk meningkatkan kualitas tim pemasaran dalam mengkoordiasi beberapa indivdu didalamnya.

10 Cara Strategi Pemasaran Dalam Bisnis Kalian

  1. Selalu konsisten dalam melakukan perencanaan.
  2. Mencari target pemasaran.
  3. Menghitung anggaran dengan tepat.
  4. Menentukan beberapa pemasaran, seperti harga, produk, juga promosi.
  5. Memasarkan produk dengan website.
  6. Membuat merek yang tepat, supaya konsumen tetap setia menggunakan produk kalian.
  7. Promosi dan iklan.
  8. Customer relationship management.
  9. Menerapkan pemasaran seluler.
  10. Email marketing

Contoh Bisnis yang Berhasil Membuat Strategi Pemasaran

1. Spotify, Menawarkan pengalaman pengguna yang beda

Spotify dalah perusahaan global yang sangat terkenal didunia, spotify berusaha menampilkan platform streaming yang berbeda dari musik lainnya karena platform ini menwarkan pengalaman musik yang benar-benar baru untuk penguna. sportify membantu penguna menemukan apa yang tidak terbayang oleh mereka, sehinga mereka dapat menyusun daftar putar lagu berdasarkan mood mereka, seperti release radar dan discover weekly.

2. Gopro, Percayai konten Buatan Pengguna

PLatform ini memugkinkan anda harus lebih memahami bahasa dari audiens dan mengolah kosa kata dengan benar, kalian dapat mengunkan palafrase online yang mungkin memudahkan kalian untuk memahami bahsa audiens.

strtegi pemasaran ini bagus untuk gopro. Pecinta konten sangat membantu ketika menggunkan gopro karena dapat mengambil vidio spektakuler yang tidak semua bisa digunakan dengan kamera lainnya. Tidak hanya itu, pengeditan dalam vidio memudahkan logo gopro untuk dikenali.

3.Twitch, Fokus Pada Niche Kalian

Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa twitch adalah jejaring sosial yang sukses akhir-akhir ini. penyebab kesuksesaannya, platform ini tidak menargetka semua orang dan didasarkan 1 topik yaitu menyiarkan vidio game langsung.

4.Nike, Promosi Nilai Kalian

Platform ini fokus pada pemasaran untuk mrmpromosikan nilai marek dan mengatasi kesulitan juga inovsi. Selain itu nilai merek tidak hanya dalam pemasaran, melainkan semua hal yang kalian lakukan.

5.WWF, Komitmen Pada Kreatif

World Wildlife Foundation (WWF) mengkmpanyekan di media Norwegia untu mengumumkan Earth Hour. Jika pengguna menyentuh spanduk maka layar pada handphone mereka akan otomatis menjadi hitam seluruhnya, dan ketika mereka menyelipkan jari diatasnya dala hitungan mundur Earth Hour akan muncul. Kampanye ini memberikan kesuksesan dan berhasil menayangkan 1 uta tayangan.

Elemen Penting Dalam Membangun Strategi Pemasaran

  1. Product (produk), mengacu pada layanan yang ditawarkan oleh bisnis yang meliputi fungsi, pengemasan, tampilan, garansi, kualitas, dll.
  2. Price (harga), mengacu pada harga produk. Penetapan harga meliputi harga jual, diskon, pembayaran, pelayanan kredit, dan juga mencantumkan harga yang ditawar.
  3. Promotion (promosi), mengacu pada bisnis supaya lebih dikenal yang meliputi hal seperti sponsor, iklan dan aktifitas yang meliputi masyrakat.
  4. Place (tempat), mengcu pada tempat produk bisnis dilihat, dijual, dibuat, da di distribusikan.
  5. People (orang-orang), mengcu pada karyawan, tenaga penjual.

Itulah penjelasan mengenai 10 strategi pemasaran bisnis yang dapat kalian praktekkan secara lengkap. Sehingga memungkinkan bisnis akan berkembang lebih besar.

Sangat penting untuk kita mempelajari strategi pemasaran dengan teliti, temkuan beberapa strategi tentang yang sesuai. Buat kalian yang ingin mempelajari tentang digital marketing lebih dlam lagi, kalian bisa mengikuti kursus digital marketing. Info lebih lanjut klik dibawah ini.

Leave a Comment!

Kontak Kami

Argia Academy

Kampus 1
Jl M Hatta No 11, Kepanjenkidul, Kota Blitar, Jawa Timur 66113
Kampus 2
Bengawan Solo Regency Kav 3-4, Jl. Bengawan Solo, Kota Blitar 66122
Telp:
- Head Office : (0342) 809 917
- Telp : 082 142 334 334
Email
Info@argiaacademy.sch.id