Search engine marketing adalah strategi yang digunakan untuk mengiklakan bisnis, dan akan membuka website dengan cepat dihalaman pencarian pertama dibandingkan dengan SEO yang membutuhkan waktu lama untuk membuka website kalian. Berikut ini akan kami jelaskan tentang beberapa pengertian SEM dan kenapa kalian harus menggunakan SEM untuk mengiklankan bisnis.
Daftar Isi
Pengertian SEM ( Search Engine Marketing ) ?
Search Engine Marketing adalah program marketing berbayar untuk meningkatkan visibilitas website di hasil pencarian. SEM dan SEO memilki tujuan yang sama, sama-sama memunculkan website di mesin pencarian. Yang membedakan adalah SEM menampilkan iklan atau Ad di posisi atas, tidak seperti website lainnya yang tidak memilki iklan. Sedangkan hasil pencarian SEO tidak menggunakan iklan dan berada di posisi bawah website SEM.
Manfaat SEM ( Search Engine Maketing )
1.Berpotensi Meningkatkan Convertion Rate
Kegunaan SEM untuk meningkatkan convertion rate di website, dengan cara menargetkan kata kuci dengan pencarian pembelian. Untuk meningkatkan convertion rate ketika website kalian banyak dikunjungi, memungkinkan akan banyak pula yang mencari landing page kalian dan mulai melakukan pembelian.
2.Hasil Relatif Lebih Cepat Dari Pada SEO
Hasil pencarian di SEM lebih cepat dibandingkan dengan SEO. Karena setelah kalian melakukan iklan bebayar, website akan otomatis menuju ke pencarian gogle. Berbeda dengan SEO, kalian membutuhkan waktu untuk langsung menuju ke halaman depan pencarian.
3.Bisa Menentukan Target Audiens
Kalian dapat menentukan target berdasarkan lokasi, umur, gender, bahkan jadwal secara khusus dengan menggunakan SEM dengan menentukan karakteristik target di gogle ads. Dengan menargetkan pelanggan yang spesifik iklan akan mendapatkan pelanggan yang sesuai juga. Berbeda dengan SEO kalian tidak bisa menargetkan pelanggan spesifik mungkin karena website akan di klik oleh target sesuai dengan konten yang sesuai dengan search intent kalian.
4.Tidak Memerlukan Biaya Banyak
SEM mempunyai manfaat untuk mengatur seberapa banyak biaya yang akan keluar mulai ratusan, jutaan, sampai puluha juta. Biaya SEM dapat dikurangi dengan beberapa strategi, contohya dengan menetapkan kata kunci yang sesuai, melakukan perencanaan biaya usaha SEM, dan mengevaluasi kata kunci yang efektif. Sebelum kalian melakukan pengiklanan kalian harus mengetahui komponen-komponen dari SEM, berikut pejelasannya.
Komponen Search Engine Marketing
1.Platform Search Engine Marketing
Platform yang biasa digunakan untuk pengiklanan SEM adalah gogle ads dan bing ads. Bing ads adalah platform pengiklanan yang dimilki oleh Microsoft, kedua platform ini sama-sama menggunakan pay per click tetapi juga memiliki beberapa perbedaan. Berikut beberapa perbedaan dadi kedua platform ini:
Jangkauan Pencarian
Gogle ads memilki jangkauan pencarian 92,47% sedangkan Bing ads hanya memiliki jankauan pencarian 5,56%
Biaya
Dari segi biaya Gogle ads mencapai 286.049,00 rupiah sedangkan Bing ads hanya mencapai 114.424,00 rupiah, gogle ads memang lebih mahal karena memang dari segi pencarian gogle ads sangat luas.
Demografi
Jangkauan pengguna yang lebih tua banyak ditemukan di bing ads. Bing ads dapat mencapai 60 juta pengguna yang lebih tua dan menghasilkan diatas 1.430.300.000,00.
2.Jenis Keyword Search Engine Marketing
4 jenis kata kunci dalam SEM :
Broad Match Keyword
Kata kunci ini memungkinkan kalian memperoleh pelanggan yang beraneka ragam dengan budget yang tinggi.
Phrase Match Keyword
Kalian bisa mendapatan pelanggan dengan khusus yang sedang dengan trafik yang sedang. kalian juga bisa menambahkan kalimat di depan ataupun dibelakang kata kunci.
Exact Match Keyword
Kata kunci ini bersifat khusus dan fokus. Kalian harus menulisnya secara sama persis supaya iklan kalian muncul karena hasil trafik rendah tetapi pelanggan yang melihat iklan kalian sangat khusus.
Negative Keyword
Kata kunci yang harus kalian hindari karena tidak relevan untuk bisnis.
3.Targeting Search
Targeting search adalah pengaturan parameter untuk menayangkan iklan kalian. Berikut beberapa parameter:
- Lokasi
- Waktu
- Perilaku target pelanggan
- Device
- Usia dan jenis kelamin
4.Struktur Akun SEM
Struktur akun SEM Mengelompokkan kata kunci berikut :
- Mengatur biaya kampanye
- Menghemat biaya ampanye
- Fokus menargetkan pelanggan yang tepat
Struktur SEM yang perlu kalian susun adalah campaign, ad groups, dan ads keyword.
5.Copywriting Iklan SEM
Bagian dari copywriting iklan SEM adalah:
- Headline
- Website URL
- Description
- Site Extension
- Callout Extension
- Location Extension
- Call Extension
6. Sistem Bidding Iklan SEM
Untuk menentukan waktu dan penayangan iklan di mesin pencarian. Iklan di hasil pencarian tergantung pada kompetisi brand yang menggunakan kata kunci sama dengan kalian, kompetisi ini berdasarkan 3 faktor:
- MAX CPC Bid
- Quality Score
- AD Rank
Cara Beriklan Di Gogle Dengan Search Engine Marketing
1. Lakukan Riset Keyword
- Riset kata kunci yang digunakan untuk mencari produk kalian
Kalian membutuhkan keyword research tools untuk mencari kata kunci yang digunakan pelanggan untuk mencari produk kalian.
- carilah kata kunci yang memudahkan mendatangkan pembeli
- Pilih kata kunci dengan Cost Per Click (CPC) yang baik
Pilih kta kunci dengan CPC Yang akan menghasilkan Return Of Investment (ROI) bermanfaat
2.Tulis Keunikan Produk Pada Deskripsi Iklan SEM
Buatlah iklan semenarik mungkin agar pelanggan tertarik pada produk kalian.
3.Tulis Promosi Pada Deskripsi Iklan SEM
Buatlah diskon khusus atau penawaran spesial seperti free shopping, diskon 40%, dan pengembalian barang gratis di ad copy.
4.Masukkan Kata Kunci Pilihan Di Deskripsi Iklan SEM
Masukan kata kunci di deskripsi iklan kalian supaya pelanggan cepat menemukan produk kalian.
5.Sesuaikan Copywriting Iklan di Landing Page
Sesuaikan copywriting iklan di landing page untuk meyankinkan pelanggan terhadap produk kalian. Jika kalian menampilkkan diskon di deskripsi iklan SEM, tampilkan juga di landing page.
6.Memaksimalkan Kampanye Dengan Riset Keyword Ulang
Bertujuan untuk melihat kata kunci cocok yang belum kalian gunakan dan menambahkan kata kunci tersebut kedalam kampanye SEM.
7.Menggunakan A/B Testing
A/B testing adalah salah satu cara yang efektif untuk mencapai target
Itulah penjelasan tentang Search Engine Marketing. Nah, Sekarang kalian faham kenapa SEM adalah salah satu strategi yang tepat untuk bisnis dan website kalian.
Untuk kalian yang ingin belajar digital marketing kalian bisa datang ke argia academy. Akan banyak ilmu yang kalian dapatkan disana dan pastinya sudah disertai sertifikasi BNSP, Yuk buruan datang ke argia acdemy. info selengkapnya bisa klik dibawah ini.