Blog

Web Developer: Pengertian, Jenis, dan Skill yang Dibutuhkan

Sekarang web developer menjadi salah satu pekerjaan yang banyak dicari. Menariknya seorang developer atau pengembangan web merupakan salah satu sektor terkait website yang akan memberi gaji terbilang tinggi dan memiliki lapangan kerja yang lumayan cukup tinggi. Tidak heran jika sekarang banyak orang yang minat untuk menjadi seorang developer.

Nah dikesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai pengertian pengembangan web, jenis dan tugas web developer serta skill apa saja yang harus dibutuhkan untuk menjadi seorang developer.

Apa Itu Web Developer ?

web developer
web developer | Sumber: unsplash.com

Web Developer adalah pengembangan web yang bekerja dalam merancang, membuat dan memelihara situs website dan aplikasi web. Jadi fokus utama seorang developer adalah harus selalu menciptakan aplikasi web yang konsisten dan efisien.

Menjadi developer tidak harus berhubungan langsung dengan perusahaan. Tetapi seorang developer juga harus bisa menjadi seorang freelancer. Jadi, mereka melayani klien-klien yang ingin membuat website. Mulai dari membuat website untuk pribadi maupun untuk kepentingan bisnisnya.

Nah, untuk menjadi seorang developer ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Mulai dari jenis dan tugas web developer sampai skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang developer. Mari kita simak dibawah ini.

Jenis Jenis Web Developer

Sekarang dalam dunia kerja pengembangan web, terbagi menjadi 3 jenis web developer, yaitu Front-end Developer, Back-end Developer, dan Full-stack Developer. Untuk lebih lengkapnya mengenai tiga jenis pengembangan web tersebut. Yuk simak ulasannya dibawah ini.

1. Front End Developer

front end developer
Ilustrasi Front End Developer | Sumber: unsplash.com

Fron End Developer adalah jenis pengembangan web yang bertugas untuk mendesain, membuat serta mengembangkan website dari sisi tampilan dengan menggunakan HTML, CSS, dan Javascript.

Maka dari itu, seorang developer bertanggung jawab dalam mendesain website. Mulai dari font, layout, tampilan menu (development, design, marketing), tombol interaksi hingga tulisan-tulisan yang terdapat di dalam website.

Nama Front End ini bisa dibilang halaman muka sebuah toko online yang menampilkan gambaran umum atau informasi sebelum orang masuk kedalamnya. Itulah mengapa untuk menjadi seorang developer dibutuhkan kreatifitas dan skill desain yang cukup tinggi.

Front End juga memikirkan bagaimana alur website, proses navigasi dan kenyamanan pengunjung selama menggunakan atau mengaplikasikan website tersebut.

2. Back End Developer

Jika Front End tadi bertugas mengatur bagian halaman depan website, maka Back End developer adalah seseorang yang bertugas dalam menangani bagian sisi dalam website, seperti server, aplikasi dan database.

Seorang Back End bertugas dalam melakukan perhitungan, menyimpan data pengguna dari front end, memproses form pendaftaran, dan lain-lain. Biasanya untuk menjadi seorang Back End Developer harus bisa menguasai bahasa pemrograman tertentu.

Seperti PHP, Phyton, NodeJS, SQL dan bahasa pemrograman lainnya. Bahasa pemrograman tersebut akan dibahas lebih lanjut. Baca sampai akhir!

3. Full Stack Developer

Full Stack Developer merupakan gabungan dari Front End Developer dan Back End Developer. Jadi, seorang Full Stack adalah pengembangan web yang bertugas membuat website dari sisi tampilan luar maupun dalam. Maka dari itu, full stack developer harus mempunyai keahlian dalam mengembangkan website baik bagian luar maupun dalam.

Apa Saja Skill yang Dibutuhkan Web Developer?

ilustrasi pemrograman
ilustrasi bahasa pemrograman | Sumber: unsplash.com

Emangnya apa saja sih skill skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang developer? Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang skill yang dibutuhkan web developer. Berikut skill yang perlu dipelajari oleh masing-masing jenis web developer.

Skill Front End Developer

Jika kalian ingin menjadi front end, berikut adalah skil yang perlu Anda pelajari dan kuasai.

1. Hypertext Markup Language (HTML)

Hypertext Markup Language (HTML) adalah bahasa script yang berfungsi membangun atau membuat struktur dalam website. Seorang pengembang website biasanya menggunakan HTML untuk menyusun atau membuat paragraf, heading, link atau tautan dan lain-lain yang akan ditampilkan pada sebuah website.

HTML merupakan bahasa pemrograman yang sudah cukup lama digunakan untuk pengembangan website. Bahasa pemrograman yang satu ini merupakan salah satu poin penting bagi Anda yang ingin terjun di dunia pemrograman. Untuk mengetahui lebih jauh tentang HTML bisa membaca artikel Belajar HTML dari Nol: Pengenalan Dasar HTML untuk Pemula.

2. Cascading Style Sheets (CSS)

Cascading Style Sheets (CSS) biasanya berkolaborasi dengan HTML. Fungsi utama CSS adalah memisahkan antara konten dengan visual di website. Anda bisa mengatur tampilan elemen website yang tertulis dalam bahasa mark up. Nah melalui CSS, Anda bisah mengubah tampilan website dengan mudah, seperti  mengubah warna, posisi, dan ukuran elemen di dalam website.

3. JavaScript

Javascript adalah bahasa pemrograman yang harus dikuasai oleh pengembangan web. Setelah Anda mempelajari dan menguasai HTML dan CSS, maka bahasa pemrograman selanjutnya yang harus kalian pelajari adalah javascript.

Bisa dikatakan HTML, CSS dan Javascript memiliki hubungan. HTML merupakan rangka sedangkan CSS sebagai antarmuka dan didukung javascript yang sebagai fungsionalitas. Bidang ini harus kalian kuasai karena dunia bisnis saat ini membutuhkan website yang interaktif dan dinamis.

Skill Back End Developer

Jika kalian ingin menjadi back end developer, berikut adalah skill yang perlu Anda pelajari dan kuasai.

1. PHP (Hypertext Preprocessor)

Jika HTML, CSS dan Javascript digunakan untuk front end, maka PHP sangat efisien untuk back end. PHP merupakan bahasa pemrograman yang sangat populer saat ini. Bisa dikatakan bahasa pemrograman backend yang digunakan kurang lebih 82.3% website yang menggunakan teknologi backend.

Bahasa pemrograman PHP saat ini sangat mudah dipelajari dan digunakan, yang membuatnya sangat populer untuk pengembangan web back end.

2. SQL  (Structured Query Language)

Selain PHP, SQL juga digunakan pada back end. SQL merupakan perintah-perintah khusus yang digunakan untuk mengakses data dalam database relasional. Jadi, SQL berguna untuk menyimpan data seperti nama pengguna, password, alamat email dan lain sebagainya.

Selain untuk menyimpan dan menampilkan informasi di dalam database, SQL juga digunakan untuk menghapus dan menyunting informasi di dalamnya.

Nah, itu tadi sedikit informasi tentang web developer, mulai dari pengertian, jenis, dan skill yang dibutuhkan untuk orang web developer.

Jika kalian ingin belajar tentang digital marketing, kami sarankan untuk mengikuti kursus atau kuliah digital marketing di Argia Academy. Dengan materi yang diberikan secara lengkap, Anda bisa menguasai digital marketing dengan mudah.

Nah, untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, kalian bisa klik link dibawah ini.

Leave a Comment!

Kontak Kami

Argia Academy

Kampus 1
Jl M Hatta No 11, Kepanjenkidul, Kota Blitar, Jawa Timur 66113
Kampus 2
Bengawan Solo Regency Kav 3-4, Jl. Bengawan Solo, Kota Blitar 66122
Telp:
- Head Office : (0342) 809 917
- Telp : 082 142 334 334
Email
Info@argiaacademy.sch.id

Butuh Bantuan?

We are here to help you! Do not hesitate to ask us anything. Click below to start chat.

Customer Support

CS Argia Academy

Online

CS Argia Academy

Hi, What can i do for you? 00.00