Mau tahu apa saja daftar marketplace di Indonesia? Saat ini di Indonesia, dengan maraknya globalisasi dan digitalisasi yang terjadi membuat perbelanjaan juga berpindah ke internet secara online. Hampir seluruh bisnis mulai dari kecil menengah sampai bisnis besar sekarang juga menggunakan media marketplace dan e-commerce sebagai salah satu atau seluruh metode distribusinya.
Dengan bantuan marketplace, tentu distribusi akan jauh lebih merata, dengan kelebihan-kelebihan lainnya, marketplace menjadi ruang terbaik untuk memasarkan produk. Nah, mau tahu daftar marketplace di Indonesia? Yuk ikuti lebih lanjut!
Daftar Isi
Daftar Marketplace di Indonesia
Tokopedia
Dimulai dari Tokopedia, yang telah menjadi nomor satu di Indonesia menurut hitungan jumlah pengunjung per bulannya. Tokopedia banyak dicari sebab produk yang dicari pengunjung selalu ada, alias lengkap. Selain itu, Tokopedia banyak memberikan promo pada penggunanya. Terutama pada pengguna baru, baru-baru ini ada fitur khusus pengguna baru yang membuat mereka mendapatkan barang gratis setelah membuat akun.
Selain promo, banyak juga cashback yang diberikan oleh Tokopedia, membuat pengguna menjadi semakin betah. Kategori yang paling banyak dicari di Tokopedia adalah elektronik, dilanjut dengan fashion dan bahan makanan.
Shopee
Shopee menduduki tempat kedua setelah Tokopedia, yang telah bersaing sejak lama. Shopee telah menduduki peringkat pertama pada kuartal keempat 2019 sampai kuartal keempat 2020. Namun jumlah pengunjungnya berkurang 0,3 persen dibandingkan tahun lalu. Meski demikian, Shopee masih menjadi salah satu marketplace dengan kepopuleran yang luar biasa.
Shopee telah dikenal oleh masyarakat Indonesia hampir secara keseluruhan, ditambah dengan banyaknya promo dan voucher yang diberikan secara gratis membuat Shopee banyak digemari. Kategori yang paling banyak dicari di Shopee adalah kecantikan, peralatan rumah tangga, dan fashion muslim.
Bukalapak
Meskipun menduduki posisi ketiga, perbedaan pengunjung per bulan Bukalapak dengan dua marketplace di atas sangatlah jauh. Meski tidak sepopuler dua marketplace di atas, Bukalapak memiliki program guna melakukan digitalisasi terhadap warung-warung di Indonesia sejak tahun 2017. Saat ini Bukalapak juga terus menggandeng berbagai pihak dari swasta maupun pemerintahan untuk semakin meningkatkan dampak bagi mitra-mitra mereka melalui kerja sama strategis.
Lazada
Di posisi keempat ada Lazada, yang dimiliki oleh Alibaba Group. Perbedaan kunjungan pengguna di Lazada dan Bukalapak tidak jauh berbeda, sementara jumlah kunjungannya semakin bertambah semenjak pandemi. Ditambah lagi dengan bertumbuhnya para penjual lokal membuat Lazada semkain tumbuh dan berkembang. Berdasarkan survei konsumen, mereka memilih berbelanja di Lazada sebab memiliki reputasi yang baik serta harga yang terjangkau.
Selain itu, Lazada juga mengadakan program menjadi seller di marketplace tersebut dengan tiga langkah mudah yang bisa diikuti calon seller dengan cepat. Selain menyediakan promo dan diskon belanja, brand yang terpercaya juga membuat pelanggan mendekat.
Blibli
Blibli mengisi poisis kelima, Blibli dimiliki oleh perusahaan milik Djarum dan saat ini menggunakan lebih banyak promo dan diskon untuk menarik pembeli. Blibli menarik pembeli dengan menjalin kerja sama saat memutuskan menjadi sponsor dari PBSI