Banyak pemilik bisnis dengan skala kecil berpikir bahwa strategi digital marketing hanya untuk perusahaan-perusaahan dengan skala yang besar. Padahal, bisnis dengan skala kecil adalah yang paling membutuhkan digital marketing untuk bisnisnya agar bisa bersaing dan berkembang di zaman yang serba maju sekarang.
Dengan jumlah pengguna internert yang akan terus meningkat kedepannya dan kebiasaan belanja yang semakin beralih ke online, bisnis kecil yang tidak memanfaatkan digital marketing akan kesulitan untuk bertahan dalam persaingan.
Mungkin kita merasa bahwa bisnis kecil masih bisa berjalan hanya dengan promosi dari mulut ke mulut atau pemasaran konvensional. Tapi, bayangkan jika kamu bisa menjangkau lebih banyak pelanggan tanpa perlu mengeluarkan biaya besar untuk iklan di TV, radio, atau baliho
Digital marketing memungkinkan bisnis dengan skala kecil mendapatkan eksposur luas dengan biaya yang lebih terjangkau dibandingkan metode pemasaran tradisional.
Daftar Isi
Digital Marketing Meningkatkan Jangkauan Skala Bisnis
Salah satu keuntungan besar yang bisa kita ambil dari digital marketing adalah kemampuannya untuk menjangkau lebih banyak orang. Jika dulu bisnis kecil hanya bisa mengandalkan pelanggan di sekitar lokasi kita saja, sekarang siapapun bisa melohat produk atau jasa yang ditawarkan hanya dengan satu klik saja.
Misalnya, jika kita memliki sebuah usaha kuliner rumahan, dengan menggunakan sosial media seperti instagram dan Tiktok, kita bisa menarik perhatian pelanggan di luar kota bahkan luar negeri sekaligus.
Atau jika kita mempunyaio sebuah toko kecil, dengan strategi SEO yang tepat, produk yang kita jual bisa muncul di mesin pencarian Google ketika orang mencari barang yang kita jual.
Lebih Efisien dan Hemat Biaya
Dibandingkan dengan pemasaran secara tradisional yang membutuhkan biaya besar untuk cetak brosur, pasang iklan di media cetak, atau sewa tempat pemaeran, digital marketing jauh lebih hemat biaya daripada pemasaran secara tradisional.
Dengan modal yang kecil tentunya kita bisa mulai mempromosikan produk kita secara digital melalui Sosial Media, Google My Business, Website Sederhana yang berfungsi sebagai toko online 24/7. Bahkan dengan anggaran yang cukup minim sekalipun, kita masih bisa menjalankan pemasaran secara digital yang cukup efektif selama memiliki strategi yang tepat.
Membangun Branding dan Kredibilitas
Kepercayaan pelanggan adalah salah satu faktor yang penting dalam mencapai keberhasilan bisnis dengan skala yang kecil. Salah satu cara membangun suatu kredibilitas adalah dengan cara hadir secara aktif di platform digital.
Ketika seseorang ingin membeli suatu produk atau menggunakan jasa tertentu, pastinya mereka cenderung mencari informasi di internet terlebih dahulu mengenai produk/jasa itu sendiri. Maka dari itu jika bisnis kita tidak memiliki kehadiran secara digital, pelanggan mungkin akan ragu dan memilih kompetitor yang lebih terlihat aktif di sosial media atau memiliki website yang profesional.
Digital marketing akan sangat membantu bisnis skala kecil agar bisa membangun branding yang kuat dengan cara:
- Mengelola sosial media secara konsisten dengan konten-konten yang menarik perhatian dan informatif
- Menyediakan sebuah testimoni dari pelanggan untuk meningkatkan kepercayaan para calon pelanggan
- Menggunakan blog atau artikel untuk memberikan edukasi terkait produk atau industri yang kita geluti.
Tentunya dengan semakin banyak informasi yang positif tentang bisnis kita, maka semakin besar juga peluang orang untuk percaya dan tertarik untuk membeli produk atau jasa.
Keunggulan Digital Marketing
Memudahkan Interaksi dengan Pelanggan
Salah satu keunggulan digital marketing dibanding pemasaran traditional adalah kemampuannya untuk berinteraksi langsung dengan para pelanggan. Sosial media dan platform digital lainnya memungkinkan bisnis kecil untuk berkomunikasi secara real-time dengan pelanggan, baik itu untuk menjawab pertanyaan, menangani keluhan, atau memberikan informasi terbaru tentang produk.
Misalnya, dengan fitur DM (Direct Message) di platform instagram atau Whatsapp Business, pelanggan bisa langsung bertanya tentang stock produk, cara pemesanan, atau layanan yang kita tawarkan.
Respon yang cepat dan ramah tentunya akan menjadi nilai penting untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan membangun loyalitas. Selain itu juga, fitur seperti polling di Instagram Stories atau komentar di Tiktok bisa digunakan untuk mengetahui apa yang diinginkan pelanggan dan menyesuaikan produk atau layanan sesuai kebutuhan mereka.
Bisa Bersaing dengan Bisnis Besar
Dulu, bisnis kecil sangat sulit untuk bersaing dengan perusahaan dengan skala besar karena keterbatasan modal dan sumber daya yang dimiliki, tapi dengan hadirnya digital marketing, saat ini bisnis kecil bisa mendapatkan ruang untuk eskposur yang sama dengan brand-brand skala besar.
Misalnya, dengan mengguanakan SEO (Search Engine Optimazation), website bisnis kecil bisa muncul di halaman pertama pencarian platform google, bahkan bisa mengalahakan bisnis besar sekalipun. Begitu juga dengan iklan di sosial media, dimana bisnis kecil bisa menjangkau audiens yang sama dengan perusahaan besar dengan biaya yang cukup rendah dan terjangkau.
Keunggulan digital marketing adalah fleksibilitasnya. Bisnis kecil bisa memanfaatkan suatu strategi yang lebih personal dan kreatif, sehingga bisa menarik perhatian pelanggan tanpa harus mengeluarkan biaya yang sangat besar seperti perusahaan dengan skala yang besar.
Memberikan Data dan Analisis yang Akurat
Salah satu kelemahan dari pemasaran secara tradisional adalah sulitnya akses untuk mengukur efektivitas iklan atau promosi yang dilakukan. Apakah brosur yang disebarkan benar-benar menarik para pelanggan atau tidak.
Dengan digital marketing, tentunya semua bisa diukur dengan secara akurat dan cepat. Dengan cara menggunakan tools seperti Google Analystics, Facebook Insight, atau Instagram Insight memungkinkan bisnis skala kecil untuk melihat berapa banyak orang yang melihat, darimana asal audiens, serta apa saja produk yang diminati oleh para pelanggan.
Adaptasi dengan Perubahan Perilaku Konsumen
Seiring berjalannya waktu, tentunya perilaku konsumen akan terus berubah, mayoritas orang-orang akan lebih suka mencari informasi berbelanja secara online, Jika bisnis skala kecil masih mengandalkan metode pemasaran lama tanpa beradaptasi dengan tren digital, tentunya akan sangat sulit untuk berkembang.
Misalnya, dulu orang akan lebih suka datang langsung ke toko untuk berbelanja,. Tapi sekarang tentumya mereka akan lebih mencari produk yang diinginkan di Google atau sosial media sebelum memutuskan untuk membelinya.
Jadi apakah bisnis kecil juga butuh digital marketing? Tentu saja iya Digital marketing bukan hanya untuk perusahaan besar, tapi juga menjadi alat yang sangat penting bagi bisnis kecil untuk berkembang, mendapatkan pelanggan, dan bersaing di pasar yang semakin kompetitif.
Dengan biaya yang lebih fleksibel, jangkauan yang lebih luas, serta kemampuan untuk membangun branding dan berinteraksi langsung dengan pelanggan, digital marketing adalah investasi yang wajib dilakukan oleh setiap bisnis kecil yang ingin sukses di era digital.
Ingin menguasai digital marketing dan membuka peluang karier atau bisnis? Argia Academy membuka kelas-kelas bagi kalian yang ingin memperdalam digital marketing. Pelajari strategi terbaru dari para ahli, mulai dari pemula hingga tingkat lanjut, dengan metode yang praktis dan mudah dipahami.
Dapatkan pengalaman langsung, bimbingan dari mentor berpengalaman, dan mulai aplikasikan ilmu yang Anda pelajari untuk meraih kesuksesan. Daftar sekarang di halaman program kami atau hubungi via WhatsApp 082142334334