Digital Carer BotCamp 2021 Argia Academy yang mengusung materi tentang Facebook Ads from zero to hero yang didampingi oleh pakarnya langsung yaitu Mas Shalah Udin. Tentunya Facebook Ads sangatlah penting dalam era digital ini, bagi Mas Shalah Udin toko online sangatlah penting dalam era digital ini untuk bertahan di gempuran era digital saat ini.
Kenapa harus Facebook, ini dikarenakan Facebook menjadi media sosial nomor satu di indonesia, ini berarti Facebook masih memiliki banyak pengguna dan tentunya terdapat transaksi didalamnya hal ini memicu potensi yang sangat besar untuk berjualan. Fokus pembahasan pada materi pertama kali ini adalah bagaimana cara membuat iklan Facebook yang efektif dan gampang.
Tentunya untuk membuat Ads di Facebook memiliki aturan aturan tertentu aturan tersebut tercantum pada link ini: https://id-id.facebook.com/policies/ads/. Ketika kita ingin membuat iklan akan ada proses review terlebih dahulu jadi iklan tersebut tidak bisa langsung berjalan hal ini dijelaskan di link tersebut, review tersebut diambil dari landing page website kita tentunya review tersebut juga harus sesuai dengan peraturan Facebook, jika tidak sesuai dengan aturan yang diberikan Facebok maka iklan tersebut akan ditolak oleh Facebook, bagaimana jika iklan kita ditolak kita bisa bertindak untuk membuat iklan baru atau meminta kesempatan lagi pada pihak Facebook.
Kategori iklan yang akan ditolak oleh pihak Facebook seperti barang ilegal, obat obatan terlarang, yang memiliki unsur penipuan, judi, rasis, hal hal yang menyindir agama atau suatu daerah, hal yang berhubungan dengan tembakau, senjata atau amunisi, dan lain sebagainya, untuk lebih lengkapnya anda bisa mengunjungi link di atas tersebut, tentunya Facebook sangat ketat hal ini juga untuk melindungi pihak Facebook itu sendiri.
Akun bisnis, akun bisnis adalah akun yang akan digunakan untuk beriklan, kenapa harus akun bisnis? ini dikarenakan akun bisnis memiliki fitur fitur yang sangat memudahkan kita, dan juga sangat memudahkan kita untuk beriklan, anda bisa membuat akun bisnis Facebook anda dilink berikut https://business.facebook.com/.
Anda bisa memulainya dengan membuat nama bisnis anda terlebih dahulu, perlu diketahui 1 akun Facebook bisa hanya bisa dipakai oleh 2 akun bisnis manager, akun bisnis manager baru bisa dibuat dengan syarat kita harus login ke akun personal terlebih dahulu, akun personal ini sebelumnya harus sudah berinteraksi terlebih dahulu, contoh seperti mempunyai banyak teman, bergabung di beberapa grup, saling terima balas chat sesama pengguna Facebook.
Nah kita bikin akun iklan baru di facebook, langkah-langkahnya mencakup nama akun,timezone,mata uang,dan beberapa pengaturan lainnya.
Nah setelah membuat akun bisnis kita akan membedakan antara akun facebook personal dan bisnis di antaranya sebagai berikut:
- Kalau akun personal tidak ada link bisnis dan langsung ke facebook.com
- Fitur terbatas
Jika kalian pertama kali iklan di facebook saya merekomendasikan untuk menggunakan facebook personal terlebih dahulu. karena di facebook personal lebih aman dibandingkan di facebook bisnis untuk pemula atau yang mau membuat iklan pertama kali.
Lalu ada juga setup BM (business manager), antara berikut
- Buat BM biasa nya sudah otomatis terbuat ketika membuat fb/ig profesional
- Lengkapi data-data di business info,verif email dan kasih alamat
- Tambahkan admin lain di BM untuk keadaan darurat
- Buat ad account baru di BM, perhatikan currency dan time zone, lalu perhatikan add payment info agar tidak mudah ke banned
- Tidak perlu panik ketika setelah membuat ad account langsung banned, karena itu salah satu verifikasi facebook
- Pastikan mempunyai fb untuk beriklan dan pastikan mempunyai akun ig profesional untuk beriklan di ig, bila belum punya bisa membuat baru atau request akses
Nah pada umumnya kita bisa membuat akun iklan itu hanya satu tapi jika kita rajin atau taat membayar facebook ad kita bisa membuat akun lebih banyak.Jika kita bisa menjaga kepercayaan kita ke facebook ad,kita bisa menambah limit dari 25.000 sampai 200 juta.
Pengenalan Audiences Untuk Target Iklan
- Custom Audiences (pengunjung website, yang sudah play video yang sudah pernah beli)
Jika Audiences melihat iklan kita, kita bisa menampilkan iklan itu berulang kepada audiences, untuk mengatur di menu audiences bagian atas dan setting sesuai selera, tapi dengan syarat kita sudah membuat iklan video di facebook ad.
- Lookalike Audiences
Lookalike Audiences adalah fitur yang dapat membantumu menjangkau lebih banyak pelanggan potensial yang serupa dengan pelanggan mu saat ini.
Fitur-fitur bisnis manager yang sering dipakai, yaitu pixel/ event ( update IOS 14 ), audiences, audience insight, billing, ads manager, automated rules, ads reporting. Namun, tidak semua fitur tersebut akan dipakai. Berikut tadi tadi adalah urutan fitur bisnis manager dari yang terpenting, berikut ini adalah penjelasannya:
- Pixel / event manager ( Update IOS 14 )
Pixel kali ini berbeda dengan pixel yang ada di kamera. Pixel ini sebagai database untuk menyimpan atau merekam customer yang telah mengunjungi website kita. Jadi, jika kita nanti ingin beriklan, kita tidak harus memakai website, tetapi jauh lebih maksimal jika menggunakan website.
Pixel berfungsi untuk ditempelkan di website untuk sebuah fitur penghubung antara Facebook dan website. Pixel bertujuan untuk menargetkan ulang customer yang mudah mengunjungi website kita. Atau yang mudah disebut, pixel adalah sebagai buku tamu website.
- Audience Insight
Audience insight adalah sebuah fitur dimana kita mencari audience yang cocok untuk kita. Audience merupakan sebuah tools yang dulu pernah disediakan oleh Facebook. Targeting Facebook adalah berdasarkan interest. Kita menargetkan seseorang berdasarkan umur, jenis kelamin, ketertarikan, wilayah orang tersebut. Jadi kita harus pintar-pintar untuk mengatur hal tersebut.
Jika kita tidak mereset pasar/market kita tidak akan tahu orang itu tertarik dengan hal lain apa itu. Mereset pasar terkadang kala ada yang benar dan ada kala yang salah. Jadi, kita harus mencari tahu pasar/market sampai menemukan sebuah interest atau sebuah topik yang sedang dibicarakan oleh seseorang atau segerombolan orang, dan hal tersebut sangat memungkinkan untuk membeli produk yang sudah kita sediakan.
Misalnya kita jualan produk-produk bayi, dan otomatis orang-orang yang tertarik dengan bayi akan muncul. contohnya orang tersebut tertarik dengan “baby monitor” jadi kita otomatis bisa mencari tahu apa itu “baby monitor” di Adsumo. Dan juga ternyata orang yang tertarik dengan bayi itu suka membicarakan topik tentang “infant bed”, jika kita tidak tahu maka bisa mencari tahu tentang hal tersebut juga.
Sampai kita menemukan interest sebuah topik yang dibicarakan oleh seseorang atau segerombolan orang yang suka membicarakan topik itu dan itu sangat berkemungkinan untuk membeli produk kita. Misalnya kita berjualan produk bayi otomatis orang itu tertarik dengan bayi. Ternyata orang tersebut tertarik dengan bayi monitor. Bayi monitor ternyata tentang bayi-bayi. Ternyata orang yang tertarik dengan bayi itu membicarakan topik namanya infant bed.
Infant bed yaitu kasur bayi atau desain interior bayi. Kita perlu riset untuk mengetahui orang yang tertarik dengan bayi itu apa aja ,Jadi kita perlu riset untuk awal-awal iklan. Adsumo sangat membantu dan memudahkan kita agar tidak perlu meraba-raba.
Ads Manager
Analognya itu masih satu kesatuan tapi fungsinya itu beda-beda pengelompokannya juga beda-beda. Campaign fungsinya untuk ngasih nama doang dan ngasih objective.
Audience atau pemirsa yang digunakan untuk target audiens kita.
Cara riset di adsumo itu membutuhkan waktu yang sangat lama karena kayak kita pergi kemana, tujuannya kemana.
Kalau kita tidak tahu tujuannya kemana ya muter-muter, sama kayak iklan, kita mau jualan apa? ya nggak tahu yang penting jualan dulu.Detailed marketing yang dimasukkan dari adsumo tadi tinggal di copy paste.Potensial Reach adalah jangkauan potensial.
Facebook mengkategorikan interest suatu topik bukan berarti kita sedang ngomongin itu, tetapi bisa jadi kita ngelike postingan itu.Placements adalah penempatan iklan kita.
Compaine fungsinya untuk kasih nama.
Ad Set fungsinya untuk menargetkan kita mau menampilkan siapa saja.
Ads fungsinya untuk iklan apa yang mau kita iklankan.
Sebenarnya Facebook Ads itu banyak sekali materinya di Argia Academy, pastinya materinya lebih detail lagi dan lebih banyak lagi.
Karena Facebook Ads ini banyak sekali bisnis-bisnis yang sangat terbagi melalui Facebook Ads.
Itu tadi rangkaian tentang Workshop Facebook Ads, jika ingin mengetahui lebih lanjut langsung cek di YouTube Argia Academy di link berikut : https://youtu.be/Frhlth-mmWU