Kalian pasti bertanya-tanya, apa itu influencer marketing dalam dunia digital marketing. Influencer marketing diterapkan sebagai salah satu strategi digital marketing yang mampu menggerakkan banyak orang tanpa perlu mengeluarkan banyak tenaga. Hanya perlu membayar influencer alias orang yang berpengaruh di sosial media maupun langsung di kehidupan nyata, kita bisa mempromosikan produk sendiri.
Dilansir dari Wikipedia, influencer marketing adalah bentuk pemasaran media sosial yang melibatkan dukungan dan penempatan produk dari influencer, orang, dan organisasi yang memiliki tingkat pengetahuan ahli atau pengaruh sosial di bidangnya. Influencer sendiri adalah orang-orang berpengaruh dalam suatu komunitas tertentu.
Kita bisa memanfaatkan bantuan pengaruh influencer dalam digital marketing, sebab mayoritas orang akan mengikuti apa yang dilakukan publik figur. Termasuk apa yang mereka beli. Dengan bantuan mereka, produk akan cepat mendapatkan pembelinya.
Daftar Isi
Mengapa Strategi Influencer Marketing Banyak Digunakan?
Keunggulan strategi ini ada pada pengaruh personal dari orang-orang di bidang tertentu tersebut, yang kemudian bisa membantu mengenalkan produk barang atau jasa yang dijual. Strategi influencer marketing tidak digunakan untuk langsung membuat produk banyak dibeli orang, melainkan untuk menekankan pada orang-orang pada produk yang dipasarkan.
Strategi ini banyak digunakan sebab kemudahan untuk mempromosikan produk. Sekarang ini semua orang bisa jadi influencer, dan mereka bisa ditemukan di berbagai platform media sosial. Dengan adanya jumlah pengikut mereka yang banyak, produk bisa dipromosikan dengan mudah.
Tips-tips Strategi Influencer Marketing
Pendekatan Promosi
Hal ini perlu dilakukan. Sebelum memilih influencer, kita harus menentukan terlebih dahulu bagaimana promosi akan dilakukan. Misalnya foto produk harus muncul di foto atau video yang bagaimana, hal ini harus sudah ditentukan agar pihak influencer tidak kebingungan. Ini juga bisa menentukan harga endorsement yang harus dikeluarkan.
Memilih Influencer
Setelah menentukan pendekatan promosi, saatnya memilih influencer yang cocok. Untuk mempromosikan produk, pilih influencer yang sekiranya juga bergerak di bidang yang sama dengan kita. Misalnya ingin mempromosikan sepatu, akan bagus jika menggunakan influencer yang berfokus pada kebugaran tubuh.
Setelah itu, bicarakan kesepakatan kerja sama dengan pihak influencer untuk menentukan waktu endorsement dan unggahan.
Tentukan Waktu Posting Endorsement
Untuk menggaet sebanyak mungkin pembeli, kita harus meminta influencer untuk mengunggah endorsement-nya di waktu aktif agar dilihat banyak orang.
Selain tips-tips di atas, masih ada banyak lagi tips mengenai digital marketing. Tidak hanya influencer marketing, ada banyak strategi digital marketing yang bisa dipelajari. Kalau mau, yuk daftar di Argia Academy untuk kuliah digital marketing. Hanya perlu satu tahun belajar bisa langsung dipraktekkan untuk bekerja. Tunggu apalagi? Yuk daftar sekarang.