Bagaimana, sih, cara mencari kata kunci yang tepat buat artikel? Pasti untuk para pemula pasti kebingungan, deh. Tenang, artikel ini dibuat sebagai panduan untuk mencari kata kunci yang tepat untuk artikel pertamamu.
Kenapa kata kunci itu sangat penting? Tujuannya adalah agar artikelmu bisa naik ke halaman satu pencarian. Jadi tunggu apa lagi? Yuk simak panduannya di bawah!
Sebelum memulai penulisan artikel, perhatikan popularitas dari kata yang ingin kita masukkan sebagai focus keyword. Apa itu focus keyword? Focus keyword adalah kata kunci yang akan menjadi gagasan utama dari seluruh artikel. Contoh mudahnya, apabila kita ingin membuat konten mengenai sosial media, maka kita harus menuliskan kata ‘sosial media’ sebagai focus keyword.
Tetapi jangan hanya menulis sosial media saja, sebab persaingan akan sangat ketat dan pencarian akan terlalu luas dan mengakibatkan konten yang kita buat tidak bisa masuk ke halaman satu pencarian. Coba persempit lagi gagasan utama dari konten yang akan kita buat, kemudian tulis kata kuncinya. Misalnya, dari sosial media tadi dikembangkan menjadi jenis-jenis sosial media.
Untuk mengecek apakah kata kunci yang akan kamu gunakan banyak dicari oleh orang atau tidak, kamu bisa menggunakan beberapa website di bawah.
Daftar Isi
Cara Mencari Kata Kunci Dengan Tools Research
Google Keyword Planner
Ini adalah situs terbaik yang bisa diakses untuk mempermudah kita dalam mencari kata kunci yang tepat, meskipun berbayar. Bila kamu masih mencari-cari panduan mencari kata kunci di Google, biasanya akan langsung diarahkan ke situs ini.
Sebagai panduan singkat, keyword checker yang lengkap biasanya menawarkan fitur dan analisa yang lebih lengkap, biasanya berbayar. Namun apabila masih mencoba-coba dalam membuat konten, tidak ada salahnya menggunakan keyword checker gratis.
Google Keyword Planner masih masuk ke dalam bagian Google Adwords, sehingga kita bisa lebih mudah mencari kata kunci yang tepat, agar artikel kita masuk ke halaman teratas pencarian. Di sana tertulis data-data pencarian terhadap suatu keyword dalam skala bulanan, juga dapat mengetahui besar kompetisi iklan SEM dan saran maksimal cost per click.
Setelah membayar, semua fitur ini bisa dinikmati dan diakss dengan bebas, sehingga Google Keyword Planner menjadi situs andalan bagi mereka yang sering membuat konten di media sosial.
Keywordtool.io
Salah satu cara mencari kata kunci adalah dengan keywordtool.io, situs ini adalah situs yang bisa digunakan baik secara gratis maupun berbayar. Meski demikian, fitur-fitur yang hanya bisa diakses oleh pengguna berbayar tentunya jauh lebih lengkap.
Io menyajikan pencarian kata kunci berdasarkan kumpulan data dari Yahoo!, Bing, Apple App Store, dan Gmail. Jika ingin lebih lengkap dalam membantu pencarian kata kunci, silahkan beralih ke mode berbayar. Io sering digunakan sebagai metode cara mencari kata kunci yang baik.
SEMRush Premium
Jika ingin tahu cara mencari kata kunci dengan mengetahui persaingan dari kata kunci yang dimasukkan, maka SEMRush bisa menjadi jawaban untuk cara mencari kata kunci. Sekali lagi, fitur-fiturnya akan jauh lebih lengkap jika diakses dalam mode premium setelah membayar.
Saat ini dengan banyaknya persaingan konten di media sosial, kita tentu harus lebih update mengenai perkembangan persaingan kata kunci yang ada, apalagi di masa pandemi seperti ini. Banyak orang beralih ke bisnis digital karena terus-terusan berada di rumah.
KWFinder
Jika ingin mencari situs yang mudah diakses dan tanpa berbayar alias gratis, maka kamu bisa memilih metode cara mencari kata kunci dengan KWFinder. Kita hanya perlu menebak kata kunci yang sekiranya memberikan ranking tinggi di mesin pencarian semacam Google, Yahoo!, dan lain-lain. Setelah itu kita bisa mengetahui volume pencarian berdasarkan kata kunci yang tadi kita masukkan.
Whatsmyserp
Situs ini mirip dengan KWFinder, namun berbentuk extension untuk Google. Metode penggunaannya pun mirip, hanya perlu mengetikkan kata kunci yang kira-kira populer dan banyak dicari orang. Volume popularitas kata kunci akan muncul, sementara salah satu kelebihan dari ekstensi ini bisa diaktifkan dan dinonaktifkan sesuka hati.
Itulah beberapa cara mencari kata kunci yang bisa kalian coba. Masih tertarik membuat konten? Konten adalah salah satu jembatan dalam digital marketing. Jika ingin mempelajari mengenai digital marketing, ayo kuliah digital marketing di Argia Academy! Hanya perlu kuliah satu tahun, bisa langsung diterapkan, lho! Daftar sekarang!