Blog

9 Bahaya Gadget Bagi Kesehatan

Bahaya gadget bagi kesehatan, sekarang sering kali menjadi bahan perbincangan di banyak kalangan masyarakat. Karenanya, kebiasaan penggunaan gadget bisa berdampak pada kesehatan dan perilaku manusia. Pola hidup menjadi berubah akibat penggunaan gadget yang berlebihan. Tetapi, di jaman modern seperti sekarang, gadget sudah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi masyarakat. Tidak hanya menjadi alat komunikasi, tetapi juga mengetahui berbagai informasi dan pengetahuan. Namun, penggunaan gadget secara berlebihan dapat menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan.

Business man depressed and stressed watching decrease graph. stock financial trade market diagram. Free Vector

Bahaya Gadget Bagi Kesehatan

Apa saja bahaya gadget bagi kesehatan ? Mari kita bahas

1. Bahaya Gadget Bagi Kesehatan Penglihatan

Young asian teenager woman rubbing her eyes feel painful after playing mobile phone Free Photo

Bahaya gadget bagi kesehatan dalam durasi yang panjang dapat menyebabkan masalah pada mata dan penglihatan. Beberapa masalah yang dapat ditimbulkan seperti mata lelah, kemerahan, pandangan kabur, sensasi mata panas, dan bahkan dapat menyebabkan penurunan penglihatan akibat terlalu fokus pada gadget.

2. Gangguan Kesehatan Pendengaran

Sering mendengarkan musik dari gadget menggunakan earphone dapat mengganggu kesehatan pendengaran. Para ahli mengatakan bahwa suara yang dikeluarkan earphone sebesar 85 desibel dapat mengubah rambut telinga bagian dalam ke jaringan perut sehingga dapat mengganggu kesehatan pendengaran.

3. Berpotensi Menyebabkan Kanker

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), radiasi elektromagnetik dari gadget memiliki sifat karsinogenik (dapat meningkatkan risiko kanker) pada manusia. Bahaya gadget bagi kesehatan, Pemakaian gadget diperkirakan dapat menimbulkan kanker glioma dan tumor otak. Namun, belum ada yang dapat membenarkan bahwa radiasi pada gadget dapat menyebabkan kanker dan tumor otak. Sampai saat ini, WHO masih menjalankan pengamatan untuk mengetahui efek radiasi gadget terhadapat remaja dan anak-anak.

4. Mengganggu Pola Tidur

Portrait little girl using phone at night Free Photo

Menggunakan gadget sampai larut malam dapat mengganggu jam tidur normal, apalagi bila terlalu seru bermain game atau menonton film. Akibatnya, pola tidur menjadi terganggu dan mengurangi waktu istirahat yang cukup. Tidak hanya itu, paparan cahaya biru dari gadget pada malam hari dapat menghambat kerja hormon melotin. Hal tersebut dapat mengakibatkan mudahnya terkena insomnia.

5. Risiko Terhadap Kehamilan

Pregnant woman touching her belly Free Photo

Radiasi yang di kelurkan dari gadget dapat memperlambat perkembangan pada otak janin dan menyebabkan janin menjadi hiperaktif. Selain itu, radiasi dari gadget dapat mengakibatkan kerusakan sel sehingga menyebabkan keguguran pada usia janin 2 hingga 3 bulan.

6. Menyebabkan Cedera Pada Otot dan Ligamen

Postur tubuh yang tidak baik saat menggunakan gadget dapat menyebabkan tekanan berlebihan pada otot dan juga persendian di tangan, jari-jari, leher, dan pinggang. Jika kebiasaan penggunaan gadget yang tidak baik berlanjut dalam waktu lama, dapat menyebabkan nyeri otot, pegal, bahkan cedera pada persendian.

7. Gangguan Tumbuh Kembang Pada Anak

Cute girl playing phone with cat on sofa cartoon vector icon illustration. people animal icon concept isolated premium vector. flat cartoon style Free Vector

Walaupun gadget dapat menghibur anak-anak, namun gadget dapat berdampak buruk untuk tumbuh kembang anak. Penggunaan gadget yang berlebihan pada anak dapat menyebabkan penghambatan perkembangan sosial, bahasa, dan komunikasi anak.

8. Risiko Kegemukan

Penggunaan gadget yang berlebihan cenderung membuat tidak aktif bergerak dalam waktu yang lama. Hal ini beresiko menyebabkan kegemukan, terlebih apabila tidak di imbangi dengan olahraga. Kegemukan atau kelebihan berat badan tidak bisa dianggap sepele karena bisa meningkatkan risiko penyakit jangka panjang, seperti obesitas, stroke pada usia dini, dan juga serangan jantung.

9. Sakit Kepala

bahaya gadget bagi kesehatan

Selain berdampak di kesehatan mata, pancaran cahaya biru dari gadget juga dapat menyebabkan sakit kepala. Kondisi ini bisa lebih parah jika kondisi otak terbebani saat bermain game terus-menerus dan mengganti-ganti aplikasi. Hal lain yang dapat di alami adalah sakit kepala yang tak tertahankan, migrain, leher tegang, ansietas, stres, bahkan depresi.

Pengguna gadget disarankan untuk beristirahat dengan mengikuti aturan “20-20-20”, yaitu istirahat selama 20 detik setiap 20 menit penggunaan. Gadget memang membawa banyak kemudahan untuk kegiatan sehari hari, tetapi jangan sampai penggunaan gadget membawa pengaruh buruk untuk kesehatan. Gunakan gadget dengan bijak dan semestinya, agar dapat menambah pengetahuan tentang manfaat teknologi tanpa harus mengalami dampak negatif dari gadget.

Jika Anda mengalami salah satu dampak negatif dari gadget yang disebutkan di atas, jangan ragu untuk memeriksa kesehatan Anda ke dokter. Terlebih lagi, jika dampak tersebut dapat mempengaruhi kegiatan sehari-hari Anda. Bahaya gadget bagi kesehatan itu laptop dan hp, bisa berbeda.

Demikian pembahasan tentang bahaya gadget bagi kesehatan, bagi Anda yang ingin belajar digital marketing di Argia Academy, silahkan bisa klik tombol di bawah ini :

Leave a Comment!

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.

Kontak Kami

Argia Academy

Kampus 1
Jl M Hatta No 11, Kepanjenkidul, Kota Blitar, Jawa Timur 66113
Kampus 2
Bengawan Solo Regency Kav 3-4, Jl. Bengawan Solo, Kota Blitar 66122
Telp:
- Head Office : (0342) 809 917
- Telp : 082 142 334 334
Email
Info@argiaacademy.sch.id

Butuh Bantuan?

We are here to help you! Do not hesitate to ask us anything. Click below to start chat.

Customer Support

CS Argia Academy

Online

CS Argia Academy

Hi, What can i do for you? 00.00